Menu

Jangan Sepelekan! Moms Wajib Tahu Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Anak, Nomor Empat Banyak Dialami Si Kecil, Apa Itu?

07 November 2022 13:37 WIB
Jangan Sepelekan! Moms Wajib Tahu Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Anak, Nomor Empat Banyak Dialami Si Kecil, Apa Itu?

Ilustrasi anak kecil diperiksa dokter menggunakan stetoskop (Freepik/protooleh)

HerStory, Jakarta —

Penyakit jantung tak hanya dialami oleh mereka dengan usia lanjut saja ya Moms. Tapi, anak kecil juga bisa memiliki penyakit tersebut. Jika pada orang dewasa penyakit jantung lebih banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup, pada anak biasanya karena bawaan dari lahir.

Melansir DetikHealth, Senin (7/11/2022), penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan jenis paling umum dan terjadii ketika jantung bayi tak bisa berkembang secara normal selama masa kehamilan. Kelainan tersebuit bisa mengubah cara jantung dalam memompa darah atau membentuk lubang kecil.

Kondisi inilah yang membuat darah terlalu lambat dan terhambat, Moms. Menurut sebuah penelitian di Indonesia, setidaknya ada 8 bayi dari 1000 bayi yang lahir di Indonesia.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang tak menyadari jika bayinya memiliki kelainan jantung bawaan bahkan hingga dewasa. Meski begitu, para ahli medis menduga ada perubahan gen atau kromoso yang memicu kelainan jantung pada bayi.

Nah, perubahan gen itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti lingkungan, pola makan ibu, serta ibu yang merokok.

Lantas, seperti apa ciri-ciri penyakit jantung bawaan pada bayi? Berikut tanda-tanda lain dari penyakit jantung bawaan (PJB) yang wajib Moms tahu, antara lain:

1. Aliran darah yang buruk

2. Sulit bernapas atau pernapasan yang terlalu cepat dibandingkan bayi pada umumnya.

3. Tak mau menyusu karena si kecil mudah lelah

4. Murmur jantung atau suara jantung tidak normal

5. Sianosis, yakni kondisi kuku dan bibir bayi berwarna biru karena kekuranagn oksigen.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.