Menu

Duh... Penularan Virus HPV Penyebab Kanker Serviks Ternyata Bisa Lewat Toilet Umum, Simak Tips dari Dokter Ini untuk Mencegahnya Beauty!

07 November 2022 14:37 WIB
Duh... Penularan Virus HPV Penyebab Kanker Serviks Ternyata Bisa Lewat Toilet Umum, Simak Tips dari Dokter Ini untuk Mencegahnya Beauty!

Toilet. (Unsplash/Jan Antonin Kolar)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti sudah tahu kan tentang bahayanya penyakit kanker serviks? Ya, mayoritas kasus penularan human papillomavirus (HPV), yakni virus penyebab kanker serviks terjadi melalui aktivitas seksual. 

Tapi siapa sangka, ternyata menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi, dr. Cindy Rani Wirasti, Sp.OG-KFER, penularan virus HPV juga bisa melalui kontak non-seksual. Seperti contohnya, melalui penggunaan toilet umum secara bergantian, lho!

"Ada kemungkinan bahwa HPV bisa menular melalui toilet umum, konteksnya contact to contact, karena diakses oleh banyak orang. Apalagi saat di toilet pada umumnya orang akan menyentuh area genital," tutur dr. Cindy, saat acara kelas jurnalis dalam rangka pencegahan kanker serviks dari MSD Indonesia dan Kementerian Kesehatan, di Jakarta, belum lama ini.

"Kalau kita menggunakan toilet secara umum, siapa saja kan bisa pakai, sehingga ada kontak," sambung dr. Cindy.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.