Menu

Sederet Mitos Vaksin HPV Ini Dipatahkan Dokter Ahli, Faktanya Ada 3 Manfaat yang Bisa Dirasakan Jika Lakukan Vaksinasi, Simak Beauty!

07 November 2022 15:25 WIB
Sederet Mitos Vaksin HPV Ini Dipatahkan Dokter Ahli, Faktanya Ada 3 Manfaat yang Bisa Dirasakan Jika Lakukan Vaksinasi, Simak Beauty!

Vaksin kanker serviks. (iStockphoto/CatLane)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pemberian vaksin HPV sangatlah penting karena mampu mencegah kanker serviks yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Sayangnya, hingga saat ini masih banyak wanita yang enggan melakukan vaksinasi tersebut. 

Salah satunya soal hoaks vaksinasi HPV bikin mandul. Tentu saja itu sama sekali tidak benar, tegas Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD.

"Hal ini jelas tidak benar ya, karena vaksin HPV gak akan mempengaruhi kandungan ataupun siklus menstruasi. Apalagi vaksin ini telah dilakukan di seluruh mancanegara, uji klinis dari para ahli tak menemukan suatu konklusi bahwa adanya hubungan antara vaksin dengan mandul," tutur dr. Dirga, saat acara kelas jurnalis dalam rangka pencegahan kanker serviks dari MSD Indonesia dan Kementerian Kesehatan, di Jakarta, belum lama ini.

Selain mitos dapat menyebabkan kemandulan, kata dr. Dirga, mitos lain terkait vaksin HPV ini adalah akan membuat seseorang terinfeksi HPV.

"Nah selain mitos dapat menyebabkan kemandulan itu, ada juga mitos yang mengatakan vaksin HPV akan membuat seseorang terinfeksi HPV. Sekali lagi, itu gak benar ya. Dengan divaksin bukan berarti kamu akan tertular, karena sebenarnya bahan aktif antigen pada kandungan vaksin HPV sendiri itu tidak menggunakan virus HPV aktif. Jadi jelas vaksin ini sangatlah aman," tegas dr. Dirga.

dr. Dirga juga menuturkan bahwa ada stigma juga di masyarakat bahwa penyebab kanker serviks adalah karena sering bergonta-ganti pasangan. Faktanya, kata dia, seseorang yang memiliki satu pasangan sekalipun, tetap berpotensi tertular HPV.

"Apalagi jika pasangannya telah terinfeksi HPV sebelumnya. Dan jangan lupa juga, ada penularan HPV dari rute non-seksual, seperti pola hidup tak sehat, penularan lewat toilet umum, dan sebagainya," imbuh dr. Dirga.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.