Menu

Jangan Anggap Stroke pada Mata Sepele, Dokter Ungkap Bisa Sebabkan Kebutaan

07 November 2022 23:25 WIB
Jangan Anggap Stroke pada Mata Sepele, Dokter Ungkap Bisa Sebabkan Kebutaan

Ilustrasi bercak darah di mata penderita hipertensi (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Penyakit stroke merupakan suatu kondisi di mana adanya penyumbatan atau perdarahan pembuluh darah mengganggu atau cenderung mengurangi suplai darah ke otak. Penderita stroke pun tak hanya orang lanjut usia, tetapi juga bisa menyerang anak muda.

Diketahui stroke mata ternyata bisa menyerang mata seseorang, lho. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan kebutaan pada mereka yang menderita stroke pada mata. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini yuk!

Stroke juga tak hanya terjadi pada otak, tapi bisa juga terjadi pada mata atau baiasa disebut dengan oklusi arteri retina. Penyebab stroke mata sama seperti stroke otak yaitu adanya penyumbatan di pembuluh darah, tapi pembuluh darah di mata yang bisa merusak makula. Hal ini bisa membuat seseorang mengalami kebutaan.

Makula adalah daerah kecil yang ada di belakang retina dan terdiri dari sel penglihatan terbanyak di mata. Inilah sebabnya makula juga sering disebut sebagai pusat saraf mata karena kepadatannya yang tertinggi.

Stroke pada mata bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti sudah memiliki gula darah tinggi, hipertensi (tekanan darah tinggi) hingga kadar kolesterol tinggi yang tidak terkontrol.

Sama seperti stroke otak, stroke mata juga perlu segera ditangani terlebih jika sudah terjadi pendarahan dan saraf matanya bengkak, maka perlu segera dilakukan tindakan seperti injeksi atau laser oleh spesialis bedah makula mata.

Serangan stroke mata juga bisa berulang jika tidak menjaga pola hidup sehat, dan saat serangan terjadi berulang maka yang terjadi risiko kerusakan mata bahkan kebutaan semakin besar.

Baca Juga: Waduh! Apa Benar Wanita Lebih Berisiko Alami Stroke?

Baca Juga: Penelitian: Tidur Siang Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.