Memiliki sang buah hati menjadi impian bagi pasangan yang sudah menikah. Akan tetapi, tak semua orang dapat dengan mudah mendapatkan anak. Beberapa orang mengaitkan bahwa tak memiliki anak berarti mandul atau enggak subur.

Namun, tahukah kamu ternyata mandul dan enggak subur itu berbeda? Meskipun memiliki arti yang sama yaitu sulit mendapatkan anak, tetapi mandul dan enggak subur itu berbeda, lho!

Melansir dari Popmama.com (11/11/2020), HerStory sudah merangkum apa perbedaan dari mandul dan enggak subur. Simak, yuk!

Mandul

Mandul merupakan sebuah kondisi di mana seseorang tak dapat memiliki anak. Jika seorang perempuan mandul berarti indung telurnya tak dapat melepaskan telur untuk dibuahi. Perlu diketahui bahwa mandul juga bisa dialami oleh laki-laki. Laki-laki yang dikatakan mandul berarti ia tak dapat menghasilkan sperma atau kualitas sperma yang buruk sehingga tak dapat membuahi pasangan. 

Kenapa mandul bisa terjadi? Mandul bisa terjadi dikarenakan menopause dini. Akibatnya indung telur tak bisa lagi melepaskan telur lagi. Tak hanya itu, mandul juga bisa terjadi karena menggunakan obat-obatan tertentu seperti obat neuroleptik, obat kemoterapi, obat anti-inflamasi, dan obat-obatan terlarang.

Mandul tak bisa diketahui jika belum berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Jika kamu sudah menikah selama bertahun-tahun, tetapi belum kunjung mendapatkan buah hati, lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

Enggak subur

Baca Juga: Mau punya Momongan? Cobain Ramuan Teh dan Jamu Ini, Yuk! Dikenal Ampuh Menyuburkan Kandungan Lho!