Menu

Waspada, 4 Jenis Penyakit Infeksi Menular Seksual Ini Seringkali Diidap Tanpa Gejala!

08 November 2022 12:35 WIB
Waspada, 4 Jenis Penyakit Infeksi Menular Seksual Ini Seringkali Diidap Tanpa Gejala!

Illustrasi Posisi Seks 68 (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Terlepas dari seberapa muda atau tua, jenis kelamin, jika kamu kerap aktif secara seksual, maka kamu rentan terhadap infeksi menular seksual (IMS), Beauty. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan ada 374 juta infeksi baru dengan 1 dari 4 IMS yang dapat disembuhkan setiap tahun. Ini termasuk klamidia, gonore, sifilis dan trikomoniasis.

Setiap tahun, infeksi human papillomavirus (HPV) dikaitkan dengan lebih dari 311.000 kematian akibat kanker serviks, kata badan kesehatan global itu.

Infeksi atau penyakit menular seksual umumnya ditularkan melalui kontak seksual. Bakteri, virus atau parasit yang menyebabkan penyakit menular seksual dapat berpindah dari orang ke orang melalui darah, air mani, atau cairan vagina dan cairan tubuh lainnya, jelas Mayo Clinic.

Namun, apa yang kebanyakan orang tak tahu atau apa yang menyebabkan diagnosis tertunda seringkali adalah sifat diam dari IMS tertentu.

IMS Tanpa Gejala

WHO mengatakan bahwa lebih dari 1 juta infeksi menular seksual (IMS) diperoleh setiap hari di seluruh dunia, yang sebagian besar "tanpa gejala."

Tanpa gejala berarti ketika suatu kondisi atau penyakit menghasilkan atau tak menunjukkan gejala.

Tak semua infeksi bakteri atau virus bermanifestasi dalam bentuk gejala, namun bukan berarti tak membahayakan tubuh, Beauty. Faktanya bahwa infeksi tak terdeteksi menyebabkan komplikasi serius.

Karena itu, berikut adalah empat IMS yang tak menunjukkan gejala apa pun, tetapi mungkin memiliki efek jangka panjang pada tubuh dan kesehatan seksualmu,Beauty.

Baca Juga: Waspada Moms! Ciuman dengan Teknik Ini Bisa Sebabkan Penyakit Kencing Nanah, Ngeri…

Baca Juga: Waspada Moms! Mengenal 6 Penyakit Kelamin yang Bisa Menular Lewat Seks Tanpa Kondom, Adanya Rasa Gatal dan Benjolan...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: