Menu

Mengandung Benzena, Benarkah Penggunaan Dry Shampoo dan Deodoran Bisa Memicu Risiko Kanker? Simak Penjelasan Ahli Ini Beauty

08 November 2022 14:35 WIB
Mengandung Benzena, Benarkah Penggunaan Dry Shampoo dan Deodoran Bisa Memicu Risiko Kanker? Simak Penjelasan Ahli Ini Beauty

Ilustrasi dry shampoo. (iStockphoto/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, belum lama ini produk dry shampoo atau sampo kering keluaran brand tertentu ditarik dari peredaran di Amerika Serikat dan Kanada. Usut punya usut, produk yang ditarik tersebut diduga mengandung kadar benzena atau zat karsinogen, yang dikatakan dapat menyebabkan kanker.

Berita tersebut menimbulkan kekhawatiran besar di antara pelanggan dan juga menyoroti kebutuhan untuk memilih produk yang tepat dan disetujui secara ilmiah.

Dalam kasus dry shampoo atau sampo kering, Dr. Sravya C. Tipirneni, Konsultan Dermatologis sekaligus Ahli Kosmetologi & Trikologi di Rumah Sakit Manipal di Bangalore, percaya bahwa hal itu telah menjadi 'kemarahan' belakangan ini. Namun yang sering terlewatkan adalah bahaya yang dapat ditimbulkannya bagi kesehatan seseorang.

Risiko kanker

Menurut Dr. Tipirneni,  dry shampoo mengandung benzena, bahan kimia yang sangat berbahaya di udara yang dapat terhirup ke dalam paru-paru selama aplikasi.

Selain itu, benzena telah diklasifikasikan sebagai agen karsinogenik dan berperan dalam terjadinya berbagai jenis leukemia, dokter memperingatkan. Beberapa di antaranya adalah leukemia myeloid akut dan leukemia limfositik kronis. 

Sampo kering juga mengandung serat dan magnesium silikat terbaik dalam bentuk bubuk yang masuk ke paru-paru dan dalam kasus tertentu penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan kanker

Baca Juga: Hati-hati, Penelitian: Minum Teh Panas Dua Kali Lipat Berisiko Terserang Kanker!

Baca Juga: Benar Enggak Sih Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Lawan Kanker?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: