Menu

Jangan Sembarangan! Ini 3 Penyakit yang Mengintai Kalau Gak Jaga Kebersihan saat Menstruasi, Hati-hati!

09 November 2022 14:00 WIB
Jangan Sembarangan! Ini 3 Penyakit yang Mengintai Kalau Gak Jaga Kebersihan saat Menstruasi, Hati-hati!

Ilustrasi pembalut (Teen Vogue/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang umum terjadi pada wanita. Siklus ini menjadi bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan secara alami.

Pada saat menstruasi, wanita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan vagina. Sebab, ada bahaya yang mengintai jika sembarangan atau enggak menjaga kebersihan sata menstruasi.

Melansir dari berbagai sumber (9/11/2022), berikut ini beberapa penyakit yang mengintai para wanita kalau jorok saat menstruasi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Infeksi saluran kencing

Salah satu penyebab munculnya infeksi saluran kencing adalah enggak menjaga kebersihan vagina selama menstruasi. Saat menstruasi, kadar hormon estrogen menurun, sehingga risiko mengalami infeksi jadi lebih tinggi.

Selain itu, pembalut atau tampon akan memerangkap udara panas dan membuat area vagina jadi lembap. Kalau enggak diganti secara rutin, bakteri bisa muncul dan mengakibatkan infeksi saluran kencing.

Baca Juga: Bukan karena Hamil, Ini Alasan Haid Bisa Terlambat!

Baca Juga: 4 Alasan Berat Badan Naik Saat Haid, Kamu Pernah Mengalaminya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita