Menu

Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Mata Bisa Mengalami Stroke Lho Moms, Begini Ciri-cirinya, Apakah Moms Pernah Mengalaminya?

09 November 2022 09:10 WIB
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Mata Bisa Mengalami Stroke Lho Moms, Begini Ciri-cirinya, Apakah Moms Pernah Mengalaminya?

Masalah pada mata. (Lifepack/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms mungkin sudah gak asing dengan penyakit stroke, bukan? Kondisi ini terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Nah, ternyata stroke bisa terjadi pada mata lho Moms. Dokter subspesialis vitreo retina JEC Eye Hospital and Clinics, Ferdiriva Hamza mengatakan, stroke bisa menyerang mata. Kondisi tersebut disebut dengan oklusi arteri retina.

"Stroke mata terjadi ketika pembuluh darah di retina mengalami penyumbatan," ujar Ferdiriva, dikutip dari laman Genpi, Rabu (9/11/2022).

Dia menambahkan bahwa penyebabnya sama seperti stroke di otak. Beberapa penyebabnya ialah hipertensi dan diabetes.

"Jadi, sama-sama tersumbat pembuluh darahnya  tetapi untuk mata tergantung apakah darahnya tersumbat di arteri atau vena," jelasnya.

Dr. Ferdiriva menghimbau jika pendarahan terus menerus dan menyebabkan mata bengkak dan harus segera dilakukan tindakan.

"Segera diinjeksi atau laser jika kena CRAP atau arterinya yang tersumbat harus segera karena kalau tidak ditangani bisa menyebabkan kebutaan permanen," tuturnya

Untuk itu pasien yang mengalami stroke mata bisa dilakukan tindakan operasi.

Baca Juga: Simak 5 Cara Ampuh Sembuhkan Mata Minus! Manjur Gak Ya?

Baca Juga: Mata Kamu Sering Terasa Kedutan? Ini 5 Penyebab Mata Kamu Sering Kedutan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.