Menu

Jangan Terlalu Banyak Makan Petai Kalau Gak Mau Terkena Penyakit Ini, Lebih Baik Mencegah Moms!

09 November 2022 11:40 WIB
Jangan Terlalu Banyak Makan Petai Kalau Gak Mau Terkena Penyakit Ini, Lebih Baik Mencegah Moms!

Petai atau pete. (Shuttertock/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Petai jadi makanan yang banyak digemari oleh setiap orang. Meskipun baunya menyengat, petai tak pernah sepi peminat. Entah dijadikan bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan lalapan petai tetap terasa enak, terlebih bagi para pecintanya.

Memang, petai memiliki sejumlah manfaat kesehata, antara lain mengontrol gula darah hingga menyehatkan saluran cerna. Hal ini tak lepas dari kandungan yang dimiliki petai seperti protein, fosfor, vitamin A, dan zat besi. Namun, ternyata mengonsumsi petai berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk dan bisa menyebabkan masalah kesehatan lho.

Demi menjaga kesehatan tubuh maka sebaiknya konsumsi petai secukupnya saja. Sebab jika berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko penyakit yang cukup serius. Berikut 4 penyakit yang mungkin mengintai kamu setelah mengonsumsi terlalu banyak petai, diantaranya:

Gagal ginjal

Kebanyakan makan petai bisa menyebabkan gagal ginjal. Petai tinggi kandungan asam amino, sulfur yang sedikit beracun dan asam djenkolic. Jumlah sulfur yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan asam urat, osbtruksi kemih, serta gagal ginjal akut.

Asam urat

Kadar asam urat bisa naik signifikan jika kamu keseringan makan petai. Petai juga mengandung purin yang bila dikonsumsi terus-menerus bisa mengakibatkan kadar asam urat tinggi.

Sakit kepala

Petai yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat sakit kepala lho! Itulah sebabnya jangan keseringan dan kebanyakan makan petai ya.

Rematik

Rematik adalah salah satu dampak buruk yang bisa dirasakan jika kebanyakan makan petai. Cobalah untuk sesekali menghindari lalapan lezat nan menggoda ini. Pilih lalapan lain sebagai penggantinya.

Sakit perut

Beberapa orang memilih untuk mengonsumsi petai secara mentah sebagai lalapan. Ini bisa berefek pada sakit perut jika tidak dibersihkan secara benar. Kandungan karbohidrat kompleks dalam petai juga bisa menyebabkan gas berlebih pada perut.

Itulah bahaya mengonsumsi petai secara berlebiha. Sebaiknya, konsumsi dalam jumlah yang cukup ya!

Baca Juga: Wah, Pete Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi Lho, Penderita Hipertensi Harus Coba!

Baca Juga: Doyan Makan Petai? Waspadai 4 Penyakit yang Mengintai Ini Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.