Bruntusan. Salah satu masalah pada kulit wajah yang bikin galau enggak karuan. Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mengatasi bruntusan yang datang tanpa diundang? 

Dalam artikel ini akan membahas apa itu bruntusan dan bagaimana cara pencegahan sampai cara menghilangkannya. Yuk, disimak.

Bruntusan biasanya berupa bintik-bintik yang muncul di kulit secara banyak, bukan satuan. Bruntusan bukan istilah medis, bukan juga nama dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Bruntusan adalah bahasa yang digunakan masyarakat untuk menandai bintik kecil yang terasa kasar di permukaan kulit, bisa disertai rasa gatal ataupun enggak gatal.

Biasanya, bruntusan terdiri dari bintik kecil berupa komedo whitehead yang bisa meradang dan menjadi papula. Bintik kecil berupa milia yang banyak dan jerawat pasir kecil-kecil.

Bruntusan juga dapat hadir ketika kulitmu alergi, biasanya disertai dengan rasa gatal.

Cara mengatasi bruntusan pada wajah

Rajin membersihkan layar ponsel

Ini hal mendasar yang sering diabaikan. Layar ponsel yang sering kamu pegang bisa menjadi media penyebaran kotoran langsung dari terpaan angin maupun dari tangan. Setelah tanganmu memegang ponsel yang kotor dan lanjut memegang daerah wajah, itu akan mentransfer kotoran. Belum lagi juga berlama-lama menelepon seseorang di mana layar ponsel menempel dengan erat dengan pipimu.

Baca Juga: Gak Pakai Ribet! Begini 5 Kegiatan Mudah yang Bikin Kulit Wajah Sehat!