Menu

Gawat! 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengintai Keluarga Gegara Kebiasaan Jemur Baju di Dalam Rumah, Moms Kudu Waspada

09 November 2022 20:00 WIB
Gawat! 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengintai Keluarga Gegara Kebiasaan Jemur Baju di Dalam Rumah, Moms Kudu Waspada

Gantungan baju kayu. (Ikea.co.id/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan, hujan sering mengguyur berbagai daerah di Tanah Air, apalagi menjelang sore atau malam hari. Bicara soal musim penghujan, tak dipungkiri banyak kebiasaan yang mungkin sering Moms lakukan. Salah satunya menjemur baju di dalam rumah, bukan?

Menjemur baju di dalam rumah dinilai sebagai salah satu langkah yang cukup efektif, di musim penghujan seperti ini.

Tapi tahu enggak sih Moms, menjemur baju di dalam rumah bisa menjadi sumber penyakit lho! Membiarkan pakaian basah digantung di dalam rumah, hanya akan menciptkan lingkungan yang lembap.

Kondisi itu juga memudahkan jamur dan bakteri berkembang biak lebih cepat. Walhasil, hal ini bisa memicu beragam penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang anggota keluarga.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, jenis penyakit berbahaya yang dipicu oleh kebiasaan jemur di dalam rumah.

Paru-paru basah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baju yang dijemur di dalam ruangan secara enggak langsung akan menyebabkan kelembapan. Baju basah yang digantung bisa memicul munculnya spora, jamur bahkan tungau debu. 

 Lebih gawatnya lagi, bakteri tersebut akan berkembang walau baju sudah enggak dijemur lagi. Dengan adanya bakteri tersebut, kembungkinan keluarga bisa terserang penyakit asmara. 

Bahkan kabar buruknya, juga bisa menimbulkan penyakit paru-paru basah jika kelembapan udara sudah terlalu parah.

Memicu kanker

Kondisi terburuk lainnya ialah dapat memicu kanker. Apalagi kalau menjemur baju dengan keadaan menambahkan banyak pewangi saat mencucinya.

Zat cairan pada pewangi pakaian sama berbahayanya dengan zat detergen. Memang sih harumnya bikin mau menghirup berulang kali. Tapi, hal tersebut justru enggak bagus untuk kesehatan pernafasan.

Bahkan klaim acetaldehyde yang terkandung dalam pewangi pakaian dapat memicu kanker dalam tubuh. Bayangkan Moms, bila kamu membiarkan pakaian basah menggantung di dalam rumah, zat tersebut bisa masuk ke pernafasan dan menimbulkan penyakit berbahaya.

Baca Juga: Awas, Kebiasaan Jemur Baju Dalam Rumah Bisa Picu 4 Penyakit Berbahaya Ini Moms!

Baca Juga: 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengintai Keluarga, Setop Kebiasaan Jemur Baju Dalam Rumah Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.