Menu

Perankan Karakter 'Dewi Api' di Film Sri Asih, Simak Perjalanan Karier dan Penghargaan Dian Sastrowardoyo di Industri Perfilman

09 November 2022 20:00 WIB
Perankan Karakter 'Dewi Api' di Film Sri Asih, Simak Perjalanan Karier dan Penghargaan Dian Sastrowardoyo di Industri Perfilman

Dian Sastrowardoyo (Eventori/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Model sekaligus aktris Dian Sastrowardoyo mengungkapkan kebahagiaannya, karena bisa bergabung dalam Jagat Sinema Bumilangit.

Diketahui, Dian Sastrowardoyo akan memerankan karakter perempuan sebagai Dewi Api pada film terbarunya 'Sri Asih' yang dijadwalkan tayang perdana pada 17 November 2022.

Sebelumnya, peran Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api sudah diumumkan sejak Agustus 2019. Namun, saat itu belum diungkapkan judul filmnya.

Melansir dari unggahan Instagram @therealdisastr, tampak seorang perempuan dengan berambut panjang dan seluruh tubuhnya diselimuti berapi-api sekujur tubuhnya.

Meski demikian, belum diketahui apakah karakter Dewi Api akan protagonis atau antagonis. 

Di lain hal, perjalanan karier Dian Sastrowardoyo hingga saat ini pun patut diacungi jempol, bahkan beberapa kali perempuan lulusan jurusan Filsafat Universitas Indonesia ini meraih penghargaan di industri perfilman hingga disebut sebagai ikon kebangkitan film nasional.

Berikut perjalanan karier dan sederet penghargaan Dian Sastrowardoyo yang dirangkum HerStory dari berbagai sumber, simak yuk.

Perjalanan Karier

Dian Sastrowardoyo memulai kariernya di dunia hiburan pada tahun 1996, sebagai juara pertama di ajang GADIS Sampul majalah GADIS. 

Film pertama Dian Sastrowardoyo, yaitu Bintang Jatuh (2000), karya Rudi Sujarwo, diedarkan indie di kampus-kampus dan tidak ditayangkan di bioskop. 

Di film tersebut, Dian beradu akting dengan Marcella Zalianty, Gary Iskak, dan Indra Birowo. 

Film selanjutnya pada tahun 2001, Pasir Berbisik menyandingkannya untuk beradu akting dengan Christine Hakim, Slamet Rahardjo, dan Didi Petet. 

Lewat film ini, Dian dianugerahi pemeran wanita terbaik pada Festival Film Internasional Singapura (2002) dan Festival Film Asia di Deauville, Prancis (2002).

Ia juga pernah menjadi pembawa acara kuis Super Miliarder 3 Miliar yang ditayangkan di ANTV. 

Selain itu, ia juga pernah membintangi serial TV yang berjudul Dunia Tanpa Koma di RCTI

Melanjutkan kariernya di dunia film Indonesia, ia berperan di film pendek yang berjudul Drupadi, di mana ia juga bertindak sebagai produser di film ini.

Kemudian, Dian Sastrowardoyo kembali beradu peran dengan Nicholas Saputra lewat film yang berjudul 3 Doa 3 Cinta yang merupakan film dengan nuansa religius yang dibesut oleh sutradara Nurman Hakim. 

Tahun 2016, nama Dian Sastro kembali tayang di layar lebar dalam sekuel kedua film legendarisnya, Ada Apa Dengan Cinta? 2. 

Dian juga kembali bermain film layar lebar, Kartini yang tayang di bulan April tahun 2017. 

Pada tahun 2018, Dian Sastrowardoyo membintangi film The Night Comes For Us yang tayang perdana pada tanggal 22 September 2018. 

Di tahun yang sama, pada September 2018 Dian Sastrowardoyo juga membintangi film layar lebar yang berjudul Aruna dan Lidahnya.

Kini, perempuan kelahiran 1982 itu pun disebut-sebut sebagai ikon kebangkitan film nasional bersama rekannya di film Ada Apa dengan Cinta?, yakni Nicholas Saputra.

Penghargaan Dian Sastrowardoyo

Baca Juga: Jajal Dunia Tarik Suara, Dian Sastro Koleb dengan Diskoria

Baca Juga: Keren! Dian Sastro Unggah Video Cegah Virus Corona dalam 3 Bahasa

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Yolanda Bonnita