Menu

Kanker Prostat: Sakit di 3 Area Tubuh Ini Bisa Jadi Tandanya, Kasih Tahu PakSu Ya Moms!

09 November 2022 21:13 WIB
Kanker Prostat: Sakit di 3 Area Tubuh Ini Bisa Jadi Tandanya, Kasih Tahu PakSu Ya Moms!

Simbol pita peduli kanker (Freepik/Freepik)

HerStory, Bogor —

Moms, ada beberapa jenis kanker yang dapat menyerang kita. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker payudara, paru-paru, usus besar, rektum dan prostat adalah beberapa kanker yang paling umum di dunia. 

Secara kolektif, semua jenis kanker ini adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020.

Dan tahu gak, Moms, ternyata kanker prostat adalah jenis kanker umum yang sebagian besar berkembang pada pria di atas usia 50 tahun dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Ini dapat menyebabkan beberapa gejala dan jika tak diobati, dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Kanker prostat bisa diidap tanpa gejala

Kanker membutuhkan waktu untuk berkembang dan menyebar, itulah sebabnya kanker cenderung tumbuh perlahan dan bertahap selama bertahun-tahun. 

Nah Moms, kebanyakan pria dengan kanker prostat dini tak mengalami tanda-tanda yang nyata. Hanya ketika tumor tumbuh dan berkembang, tanda-tanda kanker prostat mulai muncul.

Ada kalanya, ketika pria mengembangkan tanda-tanda awal kanker prostat, tetapi salah mengira mereka sebagai penyakit jinak lainnya. Hal ini dapat mengkhawatirkan karena keterlambatan dalam diagnosis berarti keterlambatan dalam pengobatan juga.

Baca Juga: Moms Harus Waspada! 4 Faktor Ini Dapat Meningkatkan Pasanganmu Terkena Kanker Prostat

Baca Juga: Gawat, SBY Dikabarkan Sakit Kanker Prostat! Bisa Sembuh Gak Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.