Banyak mitos-mitos yang beredar tentang efek samping penggunaan retinol. Retinol bisa membuat kulit tipis, enggak boleh dipakai oleh kulit sensitif, semakin banyak kadar retinol maka makin bagus hasilnya.

Ternyata mitos-mitos tersebut ada kalanya benar, ada juga salahnya. Retinol memang mempunyai efek samping kulit kemerahan, gatal, kering sampai terkelupas. 

Sebelum menggunakan retinol, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal yang dijelaskan dari ahli dermatologi yang dilansir dari instyle.com (11/11).

Benarkah retinol bikin kulit tipis?

Menurut Devika Icecreamwala, MD, pendiri Icecreamwala Dermatology di Berkeley, California, retinol mengangkat dan mengelupas sel kulit mati yang enggak diperlukan, yang menyebabkan lapisan basal - atau lapisan sel induk kulit - menghasilkan sel yang lebih baru dan lebih sehat.

Benarkah menggunakan retinol dengan banyak, maka hasilnya akan lebih maksimal?

“Jika kamu menggunakan retinol secara berlebihan, atau jika kamu menggunakan retinol yang terlalu kuat untuk jenis kulitmu, itu dapat menyebabkan pengelupasan, iritasi, dan kekeringan yang berlebihan, yang mungkin menyebabkan asosiasi retinol dengan penipisan kulit,” katanya. “Ini akan membuat kulitmu terlihat lebih tua dan menonjolkan kerutan."

Apakah retinol bisa digunakan dengan produk lain?

Retinol bisa digunakan dengan produk lain untuk memaksimalkan perawatan kulitmu. Sifat retinol yang mudah membuat kulit kering, penggunaanya dapat dibarengi bersama dengan moisturizer atau pelembab andalanmu dan masker. Tetapi, ada beberapa kandungan produk yang enggak boleh digunakan dengan retinol secara bersamaan.

“Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak produk sekaligus (dalam kombinasi dengan retinol),” saran Dr. Colbert. "Ini termasuk asam glikolat, asam salisilat, dan bahan abrasif. Dalam kasus ini dapat menyebabkan iritasi."

Kapan waktu yang tepat untuk berhenti menggunakan retinol?

Jika kamu bertanya-tanya akan hal itu, ketahuilah apa tujuanmu menggunakan retinol? Apakah untuk jangka panjang seperti mencegah penuaan dini atau hanya untuk menghilangkan noda di kulit wajah?

Jika untuk mencegah penuaan dini, faktanya, kamu harus menggunakannya terus menerus jika memang ingin tetap mendapatkan manfaat dari efeknya.

Baca Juga: Mengapa Skincare yang Mengandung Retinol Hanya Boleh Digunakan pada Malam Hari? Ini Penjelasan Dokter Kulit

Retinol enggak akan mengeluarkan sisi buruknya jika kamu menggunakannya sesuai dengan anjuran yang ada, kok