Menu

Gawat! Gula Darah Tinggi Bisa Sebabkan Neuropati, Gimana Solusinya?

10 November 2022 09:00 WIB
Gawat! Gula Darah Tinggi Bisa Sebabkan Neuropati, Gimana Solusinya?

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetes yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah harus ditangani secepat mungkin. Sebab, jika dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang berbahaya.

Salah satu komplikasi diabetes adalah neuropati diabetik, yaitu gangguan pada saraf tepi yang ditemui pada penderita diabetes melitus.

"Banyak penyakit yang menyebabkan neuropati, salah satu yang bisa dicegah adalah diabetes," kata Dr. dr. Rizaldy Taslim Pinzon, M.Kes,Sp.S dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSI) saat ditemui di Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Neuropati ini umum ditemukan pada penderita diabetes. Menurut penelitian, satu di antara tiga pasien diabetes melitus mengalami neuropati.

Kerusakan saraf tepi bisa mengenai sistem sensorik atau perasa, sistem saraf motorik, sistem saraf otonom, atau kombinasi dari ketiga saraf tersebut.

Jadi, diabetes harus bisa dicegah atau dikendalikan sejak dini supaya gangguan saraf bisa diperbaiki sebelum kondisinya semakin parah.

Kerusakan saraf akan sulit kembali normal jika sudah lebih dari 50 persen. Hal itu disebut sudah mencapai "point of return".

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.