Menu

Banyak yang Gak Tahu, Jangan Sepelekan Dampak Buruk dari Duduk Terlalu Lama, Bahaya!

10 November 2022 10:50 WIB
Banyak yang Gak Tahu, Jangan Sepelekan Dampak Buruk dari Duduk Terlalu Lama, Bahaya!

Seorang wanita yang sedang kelelahan akibat terlalu lama duduk di depan meja kerja. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Ketika sedang berada di rumah kamu mungkin akan lebih sering duduk. Apalagi jika kamu merupakan seorang pekerja yang tengah bekerja di rumah. Tentunya kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan duduk lama di depan gadget mu.

Nah, tahu gak Moms ternyata duduk terlalu lama itu bisa menyebabkan berbagai efek buruk lho. Ada beberapa dampak yang ternyata bahayanya jarang diketahui jika duduk terlalu lama. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Meningkatkan risiko terkena penyakit

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal.

2. Meningkatkan risiko overweight atau obesitas

Terlalu banyak duduk juga dapat meningkatkan risiko overweight atau obesitas. Terlalu banyak duduk dapat memicu nafsu makan lebih. Apalagi jika makan berlebihan tidak diimbangi dengan olahraga teratur. Lemak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

3. Melemahnya otot

Selama duduk, otot tidak digunakan. Ketika kamu berdiri, otot perut akan menegang sehingga otot bekerja, tetapi ketika duduk, otot perut tidak digunakan sehingga otot ini dapat melemah.

4. Melemahnya kekuatan otak

Jika bergerak, otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Namun, jika kamu duduk terlalu lama maka fungsi otak akan lebih lambat. Hal ini karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat.

5. Sakit pada leher dan tulang belakang

Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang. Hal ini karena duduk dalam waktu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri.

Duduk terlalu lama dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang.

Itulah beberapa bahaya yang bisa saja terjadi pada kamu jika duduk terlalu lama. Jangan lupa untuk bergerak sesekali waktu ya!

Baca Juga: Segera Hindari! Ini Bahaya Duduk di Toilet Terlalu Lama, Bahayanya Serius

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama Bisa Ancam Nyawa Lho Moms! Waspada Deh!!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.