Menu

Waduh, Diabetes Melitus Bisa Sebabkan Kerusakan Saraf, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai!

10 November 2022 10:00 WIB
Waduh, Diabetes Melitus Bisa Sebabkan Kerusakan Saraf, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai!

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Diabetes melitus didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Angka penderita diabetes melitus di dunia selalu bertambah setiap tahunnya. Salah satu komplikasi diabetes yang sering dilaporkan adalah kerusakan pada saraf.

Sekretaris Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Dr. Dr. Wismandari, SpPD, K-EMD mengatakan bahwa kerusakan saraf atau neuropati akibat komplikasi diabetes banyak dialami oleh sebagian besar penderita diabetes melitus.

"Dari datanya (sebanyak) 73 persen pasien diabetes mengalami gejala kesemutan, kebas atau mati rasa, atau yang paling enggak enak nyeri seperti tertusuk jarum," ujar dr. Wismandari di Jakarta pada Rabu (9/11/2022).

Dokter Ahli Sarad, Dr. dr. Rizaldy Taslim Pinzon, M.Kes,Sp.S, dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa neuropati perifer merupakan salah satu komplikasi dari diabetes melitus. 

Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya kerusakan saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang (saraf perifer) atau kerusakan saraf yang mengacu pada saraf tepi.

Baca Juga: Sering Haus dan Mudah Kencing? Bisa Jadi Itu Gejala dari Diabetes Melitus! Begini Kata Ahli

Baca Juga: Bisa Berujung pada Amputasi, Ini Komplikasi Diabetes pada Kaki yang Harus Diwaspadai

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.