Menu

Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada Anak Meningkat Tiap Tahun, Kenali Gejalanya Yuk Moms!

10 November 2022 23:00 WIB
Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada Anak Meningkat Tiap Tahun, Kenali Gejalanya Yuk Moms!

Illustrasi Anak Alami GERD (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak hanya orang tua, anak-anak juga bisa mengidap diabetes, llho Moms. Ya, tak asedikit anak-anak yang mengidap diabetes melitus tipe 1, yang merupakan penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Melansir dari laman Kompas.com, prevalensi kasus penderita diabetes melitus tipe-1 (DM1) pada anak-anak dan remaja Indonesia terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Karenanya, sebagai orang tua Moms harus waspada dengan penyakit tersebut.

Lantas, apa saja gejalanya?

Menurut Dokter spesialis anak dari Universitas Padjajaran, Faisal Al Bukbar mengatakan adanya beberapa gejala diabetes melitus tipe 1 pada anak.

"Gejalanya ialah Poliuria (sering buar air kecil), Polidipsi (sering merasa haus), Polifagia (banyak makan), berat badan menurun, dan merasa lemas," jelas Dokter Faisal.

Lebih lanjut, Dokter Faisal mengatakan DM1 adalah kondisi serius di mana kadar glukosa darah meningkat terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat membuat hormon insulin. Keadaan ini disebabkan oleh reaksi autoimun, dimana sistem pertahanan tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin.

Akibatnya, tubuh hanya memproduksi sedikit insulin atau tidak sama sekali. Selain itu, kondisi genetik seseorang dan lingkungan juga menjadi penyebab dari DM1.

Baca Juga: Waspada! Begini Gejala Diabetes pada Wanita yang Sering Diabaikan

Baca Juga: Beauty Harus Tahu, 4 Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai, Jangan Disepelekan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.