Moms, kebiasaan Menabung adalah hal positif yang perlu diajarkan pada anak sedini mungkin. Dengan menabung, secara tak langsung, anak-anak dapat belajar bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan. 

Belajar mengelola keuangan sangatlah penting, karena dapat membantu anak untuk lebih bijaksana dalam mengatur pengeluaran di masa depan. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020) begini tipsnya.

1.  Kenalkan dulu konsep menabung

Sebelum mengajarkan cara menabung, baiknya Moms jelaskan dulu apa itu uang dan apa tujuan berhemat menyimpan uang. Pertama, jelaskan bahwa uang adalah alat tukar dan alat membayar. Jelaskan pada si kecil bahwa apabila ia ingin membeli sesuatu, ia butuh lembaran kertas bernama uang untuk ditukar dengan barang yang ia mau. Nah ketika anak sudah mengerti konsep uang, barulah kenalkan konsep menabung. Katakan pada si kecil bahwa untuk bisa membeli apa yang ia mau, uang tersebut harus ditabung dulu sampai cukup.

Moms bisa jelaskan bahwa menabung membantu mewujudkan apa keinginan anak. Kuncinya adalah ia harus mengumpulkan dan menyimpan  uang sedikit demi sedikit. Ketika uang sudah cukup terkumpul, barulah keinginannya bisa tercapai. Katakan juga padanya bahwa ia bisa mendapatkan uang tabungan dari Moms, jadi jangan meminta atau mengambil dari orang lain.

2. Latihan menabung sambil bermain

Moms, bisa bermain tabung menabung bersama anak. Misalnya, bermain peran sebagai penjual dan pembeli di pasar dengan uang palsu atau mainan. Ketika anak berperan sebagai pembeli, berikan kembalian uang pada anak. Katakan padanya kembalian uang dari membeli sesuatu itu harus ditabung. Lakukan 3 sampai 4 kali transaksi jual beli dengan kembalian yang harus anak tabung. Setelah uang terkumpul, barulah Moms jelaskan bahwa uang tabungan dari hasil membeli bisa ia gunakan untuk keperluan yang lebih penting.

Baca Juga: Moms, Simak Tips Hilangkan Bau Tak Sedap di Dapur Biar Masak Jadi Lebih Nyaman