Menu

Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini Alasannya Mengapa Harus Selalu Pakai Alas Kaki

11 November 2022 11:45 WIB
Penderita Diabetes Wajib Tahu, Ini Alasannya Mengapa Harus Selalu Pakai Alas Kaki

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Diabetes merupakan kondisi tingginya kadar glukosa dalam darah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi dengan baik. Diabetes juga membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi kurang baik. Kondisi ini bisa merusak bagian tubuh, salah satunya adalah saraf pada kaki atau neuropati.

Tak heran jika banyak penderita diabetes yang sering mengalami luka pada kakinya atau bahkan indera perasa pada kaki menjadi hilang. Hal ini banyak yang membuat penderita diabetes tak sadar jika luka pada kakinya memburuk dan juga menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk selalu menggunakan alas kaki agar kaki tetap aman dan tak terluka parah. Masalah kaki seperti lecet memang terdengar sepele jika dialami oleh mereka yang bukan penderita diabetes. Namun, hal ini bisa menjadi masalah jika dialami oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan berbagai permasalah pada kaki penderita diabetes akan membuthkan waktu yang lama untuk sebuh karena adanya sirkulasi darah yang buruk.

Kerusakan saraf juga bisa mengubah bentuk kaki. Penderita diabetes lebih mungkin mengembangkan hammetoe, yakni kelainan bentuk yang meyebabkan sendi di jari kaki menekuk di dalam. Cidera kaki dan perubahan bentuk kaki bisa membuat sepatu reguler terasa tidak nyaman. Pemakaian sepatu yang ketat atau terlau longgar sama-sama memicu risiko masalah kaki.

Cara memilih alas kaki untuk penderita diabetes

Terdapat penelitian yang dilakukan terhadap 41 persen penderita diabetes tipe 2. Diketahui, sekitar 90 persen memiliki pengetahui tentang pentingnya alas kaki bagi penderita diabetes, 83 persen sering mencuci dan mengeringkan kaki setiap hari, kemudian 51 persen selalu melakukan pemeriksaan mandiri.

Namun, sekitar 56 persen mengaku selalu atau kadang-kadang berjalan di sekitar rumah tanpa alas kaki. Bahkan 15 persen juga melakukannya di luar rumah. Selanjutnya, para peneliti mengevaluasi alas kaki pilihan pada peserta. Mereka pun menemukan sebanyak 68 persen alas kaki yang digunakan penderita diabetes salah.

Selain gaya sepatu yang tidak pantas, beberapa orang juga mengenakan sepatu yang ukurannya salah. Meski tidak ada kekurangan ini dalam pemakaian sepatu, tapi 73 persen pasien berpikir bahwa alas kakinya tidak pantas.

Oleh karena itu, beberapa peneliti menyarankan penderita diabetes untuk menghindari sepatu dengan ujung runcing, jangan memakai sepatu dengan sol terlalu datar atau sepatu hak tinggi. Selain itu, cariĀ sol sepatu yang lembut, pilih gata kulit, kanvas atau suede yang memungkinkan sirkulasi udara serta cari sepatu dengan fitus tali atau gesper.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.