Menu

Bisa Tingkatkan Risiko Stroke, Hindari Konsumsi Kopi Berlebihan

11 November 2022 12:20 WIB
Bisa Tingkatkan Risiko Stroke, Hindari Konsumsi Kopi Berlebihan

Kopi. (Unsplash/Mike Kenneally)

HerStory, Bandung —

Budaya minum kopi merupakan budaya yang banyak dilakukan masyarakat, tak hanya orang tua tetapi juga anak muda. Banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai jenis kopi bagi para pengunjungnya. Mulai dari kopi hitam bahkan hingga kopi yang tak terlalu pahit banyak diminati setiap orang.

Nah, tapi bagi pecinta kopi hitam sebaiknya harus waspada nih. Kopi Banyaknya coffee shop di Indonesia membuat kita dapat mengetahui bahwa banyak juga pecinta kopi. Pecinta kopi hitam atau espresso juga ternyata tak sedikit peminat lho.

Namun, bagi kamu pecinta kopi kamu wajib waspada akan beberapa risiko penyakit. Salah satunya adalah stroke. Memang kopi diketahui bisa mencegah penyakit stroke, tetapi meminum kopi dengan jumlah yang berlebihan justru bisa menimbulkan peyakit stroke datang ke tubuh.

Seseorang yang menyukai kopi sebaiknya mengkonsumsinya dengaan takatran yang wajar yaitu tak lebih dari 3 gelas perharinya, karena kadar kafein yang tinggi mampu mengganggu kelancaran aliran darah menuju arteri jantung, otak dan saraf bagian kepala. kondisi itu dapat memicu seseorang untuk memiliki penyakit stroke.

Sebuah studi di Italia meneliti lebih dari 11.000 orang dewasa yang melaporkan serangan jantung dalam tiga bulan, dan memeriksa asupan kopi mereka selama masa penelitian. Diketahui risiko serangan jantung menyebabkan kematian dan stroke, dihitung berdasarkan tingkat konsumsi kopi.

Dari laporan tersebut, didapat hasil bahwa secangkir kopi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke iskemik, terutama bagi orang yang awalnya jarang mengonsumsi kopi.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School di Boston dalam jurnal Neurology juga menemukan bahwa adanya peningkatan risiko stroke 2 kali lipat dalam waktu satu jam setelah minum secangkir kopi.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Baca Juga: Ternyata Minum Kopi Setiap Hari Dapat Menurunkan Berat Badan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.