Menu

Kaki Sering Kesemutan? Waspada Terkena Penyakit Kronis Ini Moms!

11 November 2022 13:15 WIB
Kaki Sering Kesemutan? Waspada Terkena Penyakit Kronis Ini Moms!

Telapak kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Kaki kesemutan merupakan tanda bahwa tubuh sedang terena suatu penyakit. Namun, bisa juga hal ini disebabkan oleh faktor lain. Misalnya, berlutut atau duduk bersila terlalu lama. 

Kesemutan pun bisa terjadi karena adanya tekanan pada saraf tertentu yang bisa memicu sensai kebas atau mati rasa. Namun, kesemutan juga bisa hilang ketika kamu mengubah posisi kaki atau menggerakannya.

Sebenarnya, kaki kesemutan bukanlah hal yang harus dikhawatirkan, tetapi ini bisa menjadi perhatian jika terjadi secara terus menerus. Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan kaki kesemutan terus menerus, diantaranya:

1. Berbagai penyakit sistemik

Kesemutan di kaki yang sering terjadi juga bisa menjadi tanda berkepanjangan atau tak kunjung hilang bisa menjadi tanda adaya penyakit sistemik, yaitu penyakit yang menyebabkan gangguan di seluruh sistem organ tubuh.

Beberapa jenis penyakit sistemik yang bisa memicu keluhan kaki kesemutan adalah hipotiroid, tumor yang menekan saraf, gangguan ginjal, penyakit hati, sindrom Guillain-Barré, dan kelainan darah seperti anemia sel sabit.

2. Sindrom saraf kejepit

Sindrom saraf kejepit dapat terjadi akibat melemahnya jaringan pelindung antarsendi sehingga ruas tulang belakang menonjol dan menekan saraf. Saraf yang tertekan inilah yang dapat memicu kesemutan pada kaki dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Kaki Sering Kesemutan? Waspadai 7 Penyakit Ini, Salah Satunya Diabetes

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Hempas Kesemutan dengan Cara Ini Deh Beauty, Mudah Banget!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.