Menu

Meski Banyak Manfaat, Terlalu Banyak Konsumsi Lidah Buaya Bisa Sebabkan Efek Samping Ini!

11 November 2022 13:40 WIB
Meski Banyak Manfaat, Terlalu Banyak Konsumsi Lidah Buaya Bisa Sebabkan Efek Samping Ini!

Tanaman lidah buaya. (Pixabay/casellesingold)

HerStory, Bandung —

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang dikenal memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan lidah buaya kaya akan air dan antioksidan. Namun, lidah buaya ternyata bisa memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, lho.

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama ilmiah Aloe Vera merupakan tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. Banyaknya kandungan yang terdapat dalam lidah buaya membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat, seperti mencegah sembelit, mengobati luka, mencegah naiknya asam lambung, hingga membantu menurunkan berat badan. Berikut adalah kandunga nutrisi lidah buaya, diantaranya:

1. Vitamin 

Aloe vera mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan E. Ketiga jenis vitamin ini merupakan antioksidan. Vitamin C sendiri sangat penting untuk proses pembentukan zat besi, mendukung sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Lidah buaya juga mengandung vitamin B12, asam folat, dan kolin. 

2. Enzim 

Lidah buaya mengandung 8 enzim, yakni aliiase, alkaline phosphatase, amylase, bradykinase, carboxypeptidase, katalase, selulase, lipase, dan peroksidase. Bradykinase diketahui dapat membantu mengurangi peradangan berlebihan ketika diterapkan pada kulit secara topikal. Sedangkan jenis enzim lainnya membantu dalam pemecahan gula dan lemak. 

3. Mineral 

Lidah buaya juga memilii kandungan kalsium, kromium, tembaga, selenium, magnesium, mangan, kalium, natrium dan seng. Mineral-mineral tersebut sangat penting untuk berfungsinya berbagai sistem enzim dalam jalur metabolisme serta menjadi antioksidan. 

4. Gula 

Tanaman yang menyimpan air ini juga mengandung monosakarida (berupa glukosa dan fruktosa) dan polisakarida (berupa glukomanan).

5. Kandungan lainnya 

Lidah buaya juga menyediakan 20 jenis asam amino dan 7 asam amino esensial yang dibutuhkan manusia. Selain itu, tanaman ini mengandung asam salisilat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. 

Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini Hingga Menyamarkan Stretchmarks, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Baca Juga: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Semua Tipe Rambut!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.