Bunga lavender tentunya sudah tak asing lagi didengar. Memiliki warna ungu yang indah, lavender juga sering ditemukan di berbagai produk pewangi seperti parfum, sabun, minyak aroma dan lain sebagainya.

Bunga lavender banyak digunakan sebagai wewangian karena dianggap memiliki aroma yang paling menenangkan. Bener enggak, Beauty?

Tak hanya memiliki aroma yang enak, bunga lavender juga sangat bermanfaat untuk kulit, lho! Melansir dari berbagai sumber, HerStory sudah merangkum apa saja manfaat yang bisa diberikan bunga lavender. Yuk simak artikelnya!

1. Dapat menutrisi kulit

Memiliki bentuk yang indah, bunga lavender ternyata dapat menutrisi dan meningkatkan sirkulasi oksigen pada kulit. Inilah yang akan menjaga sel kulit tetap sehat dan meningkatkan proses pembaharuannya. Kamu bisa merebus air lalu masukkan kuncup lavender lalu dinginkan dalam kulkas. Masukkan ke dalam botol dan jadikan sebagai toner. Gampang kan, Beauty?

2. Dapat dijadikan sebagai detoks kulit

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, pastinya kulit akan mudah terkena racun dan polusi. Cara menghilangkannya adalah dengan bunga lavender ini. Diketahui bahwa lavender mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat menghilangkan racun pada kulit.

3. Menyembuhkan luka bakar

Kamu punya luka bakar? Coba gunakan minyak bunga lavender deh! Bunga Lavender memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan luka bakar dan mengobati bekas luka. Gunakan beberapa tetes minyak lavender lalu bilaslah menggunakan air mengalir kurang lebih 10 menit. Cara ini akan mempercepat proses penyembuhan.

4. Mengatasi jerawat

Mengandung antiseptik membuat minyak lavender bisa digunakan sebagai bahan alami mengatasi jerawat. Minyak ini dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Cobalah teteskan minyak lavender di atas kapas lalu tempelkan pada area wajah yang memiliki jerawat.

5. Mengurangi gejala eksem

Eksem atau eksema merupakan kondisi kulit berupa munculnya ruam kemerahan disertai dengan rasa gatal. Tentunya eksema ini sangat mengganggu penampilan. Nah, cara mengatasinya ini kamu bisa menggunakan minyak bunga lavender. Lavender dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan gejala eksim. Cukup aplikasikan pada kulit yang mengalami eksem.

Baca Juga: Cegah Kerutan di Wajah, Cobain Menu Diet Ini, Yuk, Beauty!

Nah, itu dia manfaat dari bunga lavender. Boleh dicoba lho, Beauty!