Di tengah genjarnya pengembangan vaksin, masih banyak masyarakat yang enggan untuk divaksinasi. Hal itu lantaran vaksin dianggap bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Prof. Wiku Adisasmito, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 pun kembali mengingatkan masyarakat bahwa vaksin melalui berbagai uji klinis sehingga bisa dipastikan keamanannya. Oleh sebab itu, masyarakat tak perlu khawatir saat melakukan vaksinasi.

"Pemerintah memastikan bahwa vaksin covid-19 ini aman digunakan oleh manusia karena harus melalui tahapan uji pra klinis dan klinis," ujar Prof. Wiku saat konferensi pers di BNPB, Selasa (10/11/2020).

"Uji klinis dilakukan untuk memastikan keamanan, efektifivitas dan dosis yang aman dapat digunakan oleh manusia," lanjutnya.

Selain itu, Prof. Wiku juga menjelaskan bahwa risiko yang ditimbulkan dari pemberian vaksin ke dalam tubuh sangatlah rendah. Sebaliknya, manfaat yang dirasakan tubuh setelah vaksinasi akan jauh lebih banyak.

Baca Juga: Alhamdulillah! BPOM: Vaksin Sinovac Penuhi Aspek Halal

"Apabila seseorang memperolah vaksin covid-19 maka vaksin tersebut tidak saja melindungi diri mereka tetapi juga orang lain yang tidak mendapatkan vaksinasi karena alasan-alasan tertentu, seperti alasan kesehatan," tutup Prof. Wiku.