Menu

Waspada, Covid-19 dan Pneumonia Dapat Merusak Paru-paru: Ketahui Tanda dan Tindakan Pencegahannya Beauty!

14 November 2022 07:45 WIB
Waspada, Covid-19 dan Pneumonia Dapat Merusak Paru-paru: Ketahui Tanda dan Tindakan Pencegahannya Beauty!

Ilustrasi pasien COVID-19. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, tahukah kamu jika Covid-19 dan pneumonia menimbulkan risiko besar bagi kesehatan paru-paru. Penyakit ini terutama terkait dengan saluran pernapasan, meskipun Covid-19 juga memengaruhi organ tubuh lainnya.

Dan ironisnya, musim hujan seperti saat ini menyimpan kondisi dan patogen yang bertanggung jawab menyebarkan kedua infeksi ini.

Karenanya, langkah-langkah keamanan sangat penting untuk mengetahui tentang tanda dan gejala penyakit ini, Beauty, sehingga pengobatan medis diambil tepat waktu dan perkembangan penyakit diperiksa lebih awal.

Covid-19 dan pneumonia merusak paru-paru

Covid-19 dapat menyebabkan peradangan di paru-paru dan selanjutnya merusak sel dan jaringan yang melapisi kantung udara di paru-paru.

Kantung udara ini sangat penting untuk pernapasan normal dan mengantarkan oksigen ke darah. Rusaknya kantung udara menyumbat paru-paru dan terkadang mengeraskan dinding kantung sehingga sulit bernapas.

Pada pneumonia, paru-paru dipenuhi cairan, meradang dan mengganggu kemampuan bernapas orang tersebut. Tetapi ada kemungkinan lebih tinggi untuk selamat dari pneumonia dibandingkan dengan yang disebabkan oleh Covid-19.

Pada pneumonia Covid-19, kedua paru-paru terpengaruh secara bersamaan. Hal ini menyebabkan sesak napas dan sebagian besar bersifat serius.

Baca Juga: Salut! Putri Sofia Bantu Kerja di RS Lawan Covid-19

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Aaliyah Massaid Nyanyikan Lagu 'Saling Peduli'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: