Menu

Awas, Kulit Gatal Ternyata Bisa Menandakan Kanker Pankreas, Kenali Penyebabnya Beauty!

14 November 2022 11:05 WIB
Awas, Kulit Gatal Ternyata Bisa Menandakan Kanker Pankreas, Kenali Penyebabnya Beauty!

Ilustrasi gatal di bagian tangan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, pankreas adalah organ kelenjar yang terletak di bawah perut yang dapat mengembangkan kanker pankreas ketika sel mulai tumbuh tak terkendali dan menciptakan tumor. Sel-sel ganas ini berakibat fatal dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. 

Gejala kanker pankreas dapat bervariasi dari orang ke orang. Namun, beberapa gejala umum yang dialami oleh pasien adalah rasa tak nyaman di punggung yang berasal dari perut, kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak disengaja, penyakit kuning, urin dengan warna yang pekat, pembekuan darah, kelelahan, dan gatal-gatal pada kulit.

Kapan seorang harus khawatir tentang gatal?

Fyi Beauty, penumpukan bilirubin, zat yang ditemukan dalam empedu, dapat menyebabkan penyakit kuning yang membuat kulit dan mata tampak kuning. Nah, penyakit kuning ini yang dapat menyerang penderita kanker pankreas, dapat menyebabkan rasa gatal yang parah.

Kulit gatal yang tak nyaman dan kronis adalah salah satu tanda klinis utama kanker pankreas di mana pasien kemudian menyadari adanya perubahan warna kulit. Gatal sebagai gejala sering diabaikan untuk reaksi alergi dan bukan gejala umum kanker pankreas.

Karena gatal bisa menjadi gejala penyakit mematikan seperti kanker, disarankan untuk mencari pertolongan medis daripada menggaruk kulit.

Baca Juga: Jangan Tunda Mencuci Seprei! Resikonya Parah Banget, Lho

Baca Juga: Kamu Ingin Tahu Penyebab Kenapa Kulitmu Merah Seperti Kepiting Rebus? Yuk Perhatikan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: