Menjaga kelembapan kulit tangan tentunya penting, terutama untuk kamu pekerja kantoran yang hampir seharian berada di ruangan ber-AC. Namun, secara tak sadar kadang kita hanya memperhatikan permukaan tangan saja, padahal kesehatan kulit di sela-sela jari juga tak kalah pentingnya, lho.

Kulit tangan yang kering, bila dibiarkan bisa pecah-pecah. Karenanya kulit mesti terjaga kesehatan dan kelembapannya. Mengutip dari laman hello sehat, Kamis (12/12/2020) berikut tips mengatasinya.

1. Gunakan pelembap

Tak hanya lengan saja, tapi tangan dan sela-sela jari juga membutuhkan pelembap sebagai cara untuk mengatasi kulit kering. Kamu bisa menggunakan losion atau krim untuk mengembalikan kelembapan pada kulit. Gunakan beberapa kali dalam sehari jika dirasa kulit pada sela-sela jari dan tangan sudah mulai kering. Kulit kering menjadi tanda bahwa ia membutuhkan asupan air untuk melembapkan diri. Pilih pelembap dengan kandungan emolien yang mampu melembutkan, melindungi, dan membuat kulit tetap elastis. 

2. Gunakan sarung tangan

Jika kamu sering mencuci piring atau pakaian secara manual, sebisa mungkin gunakan sarung tangan khusus. Sepasang sarung tangan ini siap mencegahmu dari serangan kulit kering pada sela-sela jari maupun permukaan tangan.

3. Perawatan di malam hari

Selain wajah, kulit tangan dan sela-sela jari juga butuh perawatan. Gunakan salep berbahan petroleum jelly untuk melembapkan. Oleskan merata untuk mengatasi tangan dan sela-sela jari kering. Setelahnya, bungkus tangan dengan sarung tangan kain atau kaus kaki.  Cara ini membantu penyerapan pelembap dalam semalaman. Kulit akan lembut ketika kamu bangun pada keesokan harinya. Coba terapkan cara ini ketika kulit tangan dan sela-sela jari kering.

Baca Juga: Beauty, Catat! Ini Tips Memilih Eksfoliator yang Tepat Sesuai Jenis Kulit!