Menu

Sering Disebut Perusak Otak, Ini 5 Fakta Unik Tentang MSG yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

14 November 2022 13:55 WIB
Sering Disebut Perusak Otak, Ini 5 Fakta Unik Tentang MSG yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

Monosodium Glutamat (MSG) atau micin. (Freepik/poringdown)

HerStory, Bandung —

Monosodium Glutamat (MSG) atau yang lebih dikenal dengan sebutan micin sering dianggap sebagai bumbu yang dapat merusak otak bahkan menyebaban kebodohan. Padahal, MSG atau micin memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh lho.

Zat yang ada pada MSG sendiri berasal dari asam amino alami di tubuh, senyawa organik yang penting untuk fungsi tubuh. Zat ini secara alami ada di sebagian besar makanan, seperti keju, tomat, jamur, dan rumput laut. 

Meskipun ada beberapa penelitian yang menunjukkan kemungkinan efek negatif, seperti obesitas atau kerusakan saraf, kekhawatiran tentang MSG ternyata tak sepenuhnya benar. Untuk itu, simak artikel yang telah HerStory rangkum mengenai manfaat MSG atau micin bagi tubuh, berikut ini!

1. Merangsang air liur

Menambahkan micin alias MSG ke dalam makanan dapat merangsang produksi air liur. Air liur sendiri berfungsi membasahi makanan agar kamu dapat melumatnya dengan mudah dan juga agar makananmu dapat meluncur dengan mudah di tenggorokan.

2. Mengurangi konsumsi garam

Untuk menambah cita rasa masakan, kebanyakan orang akan menambahkan garam. Banyak yang mengira bahwa menambahkan garam pada makanan jauh lebih baik daripada menambahkan micin. Padahal baik garam maupun micin sama-sama mengandung natrium yang dapat memicu tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, kandungan natrium pada micin sangatlah kecil jika dibandingkan dengan garam. Di mana jumlah unsur natrium pada MSG hanyalah 13,6 persen, sedangkan jumlah unsur natrium pada garam mencapai 43,4 persen.

Baca Juga: Bukan Bikin Bodoh, Micin Justru Memiliki 4 Manfaat bagi Kesehatan Apalagi Penderita Hipertensi

Baca Juga: Gak Harus Dihindari, Ini Lho Manfaat MSG Bagi Lansia Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.