Menu

Waspada, Beauty! Toilet Umum Jadi Ancaman Penyebaran Virus HPV Penyebab Kanker Serviks, Dokter Sarankan untuk Lakukan Ini

14 November 2022 17:30 WIB
Waspada, Beauty! Toilet Umum Jadi Ancaman Penyebaran Virus HPV Penyebab Kanker Serviks, Dokter Sarankan untuk Lakukan Ini

Ilustrasi kanker serviks (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kanker serviks merupakan kondisi di mana sel kanker pada leher rahim tumbuh secara abnormal dan gak terkendali. Pertumbuhan ini kemudian berkembang menjadi tumor serviks.

Penyebab utama dari knaker serviks merupakan virus HPV yang masuk ke rahim. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk hubungan seksual.

Penularan virus HPV penyebab kanker serviks dapat terjadi di mana saja, salah satunya toilet umum. Ada 13 jenis virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks. Namun, virus yang paling umum menjadi penyebabnya adalah HPV 16 dan 18.

Dokter Spesialis Kandungan & Ginekologi, Dr. dr. Cindy Rani SpOG-KFER mengatakan hal ini mungkin terjadi sebab toilet umum diakses oleh banyak orang.

Kondisi ini gak menutup kemungkinan adanya kontak antara benda di toilet dengan genital pasien, seperti tangan yang menyentuh area genital kemudian memegang flush, selang toiler, hingga handle pintu. Inilah yang menjadi cara penularannya.

"Toilet secara umum siapa aja bisa pakai, mungkin saja saya yang terkena HPV, habis pakai disitu, habis cebok-cebok. Sekarang kenyataannya toilet umum nggak ada sabun dan lain-lain. Pencet flushnya. Tangan kita bisa kena genital nggak?, kena pasti," ujar Dr. Cindy dalam acara diskusi Pencegahan Kanker Serviks MSD, melansir media sindikasi Suara.com.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Noorma Amalia Siregar