Menu

Beauty Punya Gigi Berlubang? Sebaiknya Dicabut Atau Gak Ya? Begini Saran dari Dokter

14 November 2022 19:28 WIB
Beauty Punya Gigi Berlubang? Sebaiknya Dicabut Atau Gak Ya? Begini Saran dari Dokter

Ilustrasi karies atau gigi berlubang pada anak yang sering diabaikan orang tua. (Freepik/victoriafly)

HerStory, Jakarta —

Gigi berlubang menjad salah satu masalah gigi yang banyak dialami setiap orang. Beberapa orang mungkin akan memilih menambalnya, nnamun beberapa lainnya ada yang memilih langsung mencabut gigi berlubang.

Namun, tahukah Beauty jika mencabut gigi kini tak disarankan oleh dokter. Ketua Kolegium Konservasi Gigi Indonesia Prof. Dr. drg. Ratna Meidyawati mengatakan konsep kedokteran gigi kini tak lagi mencabut, melainkan mempertahankan dan merawat.

Menurut Ratna, konsep itu disesuaikan dengan nama ilmu konservasi gigi. Oleh karena itu, dokter akan mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut.

"Namun bagaimanapun juga harus kita lihat indikasi dan bagaimana kondisi sisa jaringan gigi, apakah bisa direstorasi itu prinsipnya," ujarnya, dilansir dari Antara, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, Ratna menjelaskan konservasi artinya mempertahankan, sehingga dokter gigi akan melihat apakah gigi yang bermasalah bisa dipertahankan atau harus disingkirkan. Konsep perawatan gigi ini, kata Ratna, dimulai dari yang sederhana.

Namun, bila ditemukan adanya infeksi di dalam, perlu dilakukan perawatan saluran akar. Kemudian, kondisi gigi juga diperiksa, apakah masih utuh, sisa sedikit, atau sudah habis, sehingga harus dihilangkan.

Baca Juga: 4 Manfaat Cabut Gigi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Gangguan Sinus!

Baca Juga: Waspada! Sederet Risiko Darurat Penderita Hipertensi saat Cabut Gigi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.