Menu

Hari Diabetes Sedunia 2022: Sun Life Gaet Wahana Visi Indonesia Gaungkan Program BOKS, Demi Tekan Risiko Diabetes pada Anak, Keren!

14 November 2022 20:05 WIB
Hari Diabetes Sedunia 2022: Sun Life Gaet Wahana Visi Indonesia Gaungkan Program BOKS, Demi Tekan Risiko Diabetes pada Anak, Keren!

Acara Peluncuran Program BOKS Sun Life & Wahana Visi Indonesia, di Bale Nusa Pakubuwono, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, penerapan hidup aktif dan sehat merupakan investasi jangka panjang dalam mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan harus diterapkan sedini mungkin agar dapat mencapai manfaat yang maksimal.

Karenanya, dalam rangka Hari Diabetes Sedunia, Sun Life Indonesia pun menyadari pentingnya pendekatan holistik dan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan dalam mencegah meningkatnya kasus diabetes di Indonesia, terutama pada anak-anak. 

Nah, sebagai wujud komitmen dalam pencegahan dini diabetes, Sun Life pun telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 14 miliar melalui kemitraan yang akan terjalin selama 3 tahun Bersama Wahana Visi Indonesia untuk memperkenalkan program Build Our Kids' Success (BOKS) di Indonesia.

Fyi Beauty, Boks adalah sebuah program pembangunan kebiasaan siswa SD untuk melakukan aktivitas fisik lewat lingkungan belajar dan bermain yang aman dan suportif.

BOKS pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2009 sebagai program aktivitas fisik gratis untuk anak-anak dari segala usia dan kemampuan. Bermitra dengan Wahana Visi Indonesia, Sun Life dengan bangga memperkenalkan program BOKS di Indonesia untuk mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat di kalangan anak-anak usia sekolah di Indonesia.

Pada awal tahun ini, Sun Life bermitra dengan Active Healthy Kids Global Alliance (AHKGA) untuk mendukung Active Healthy Kids Indonesia Report Card, sebuah laporan yang memberikan penilaian dan rekomendasi utama untuk peningkatan aktivitas fisik pada anak-anak. Berdasarkan temuan dalam laporan tersebut, pola aktivitas fisik pada anak-anak usia sekolah di Indonesia masih perlu ditingkatkan. 

Indikator Overall Physical Activity, Organized Sport and Physical Activity, Active Play, Physical Fitness, Family and Peers, dan School masing-masing mendapatkan skor nilai "F", yang merupakan skor terendah dalam laporan ini. 

Oleh karena itu, kehadiran program BOKS juga diharapkan dapat mengatasi indikator-indikator yang perlu didorong melalui pengembangan rencana pelajaran dan sumber daya aktivitas fisik bagi guru dan sukarelawan untuk membantu memfasilitasi aktivitas fisik harian di lingkungan sekolah dan kelompok anak-anak, untuk sekitar 10.000 peserta anak-anak baru setiap tahunnya.

Aktivitas fisik yang teratur merupakan faktor pelindung yang signifikan untuk mencegah dan mengelola penyakit tidak menular (PTM), termasuk diabetes tipe-2.

Baca Juga: Tak Hanya Terjadi pada Orang Dewasa, Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak Lho! Ini Gejalanya

Baca Juga: Duh, Diabetes Ternyata Juga Bisa Mengincar Bayi Lho Moms! Ini Tanda-tandanya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: