Menu

Wanita Harus Tahu, Ini 3 Perubahan Fisik yang Terjadi Setelah Menopause, Jangan Sampai Stres Ya!

15 November 2022 14:00 WIB
Wanita Harus Tahu, Ini 3 Perubahan Fisik yang Terjadi Setelah Menopause, Jangan Sampai Stres Ya!

Ilustrasi wajah awet muda. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang kita tahu, menopause adalah akhir dari siklus menstruasi seorang wanita. Masa menopause juga menandai akhir dari tahun-tahun reproduksi seorang perempuan.

Saat menopause, ada beberapa perubahan fisik yang terjadi pada wanita. Pasalnya, hormon estrogen menurun dengan drastis pada saat menopause. 

Melansir dari berbagai sumber (14/11/2022), berikut ini beberapa perubahan fisik yang bisa terjadi setelah menopause. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kendur dan kehilangan kekenyalan

Saat hormon estrogen menurun, maka produksi kolagen kulit juga ikut menurun. Hilangnya kolagen dapat mengakibatkan kekencangan dan kekenyalan kulit berkurang.

Untuk mengatasinya, kamu harus memperbanyak konsumsi suplemen kolagen atau makanan berkolagen tinggi, seperti kaldu tulang.

Muncul jerawat

Kadar estrogen yang turun drastis saat menopause juga bisa menyebabkan jerawat. Kalau kamu mengalami hal ini, maka hindarilan produk jerawat dengan dengan bahan kimia sembarangan.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.