Moms, aktivitas mewarnai tentunya selalu menjadi kegemaran si kecil. Namun, taukah Moms ternyata kegiatan ini memberikan segudang manfaat di fase tumbuh kembang anak.

Kegiatan mewarnai bisa dilakukan di rumah. Mom hanya perlu menyiapkan peralatan mewarnai seperti, buku gambar, pensil warna, krayon, serutan, meja belajar, dan penghapus. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/11) berikut manfaatnya.

1. Melatih konsentrasi

Memegang krayon di atas kertas, kemudian mulai menggambar atau mewarnai ternyata dapat melatih konsentrasi anak. Kegiatan ini membutuhkan perhatian yang intens, karenanya perhatian anak tak mudah teralihkan dan tetap fokus pada apa yang ia kerjakan. Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

2. Menstimulasi kemampuan motorik halus

Mewarnai dapat meningkatkan keterampilan motorik anak. Gerakan yang terlibat dalam mewarnai seperti memegang alat dan mewarnai dengan krayon dapat membantu balita mengembangkan kemampuan

menggenggam, menggores, menekan, baik pada jari, otot-otot lengan, sekaligus koordinasi tangan dan mata. Keterampilan motorik halus membantu mereka menulis dan menggunakan benda. Secara tak langsung, anak akan lebih mudah menyesuaikan diri saat memulai kegiatan di sekolah.

3. Mengenalkan Warna Melalui Hewan, Tumbuhan, dan Buah

Anak-anak akan lebih mudah belajar warna dari benda hidup yang sering mereka lihat, misalnya, kucing, ayam, burung, pohon, dan sebagainya. Setiap hewan memiliki warna yang berbeda, dan ajarkan anak-anak membedakan warna tersebut. Si Kecil pasti akan lebih mudah menghafal warna yang sering ia lihat. Selain itu ada banyak buah-buahan yang dapat dijadikan contoh warna yang paling mudah dihapal Si Kecil. Misalnya warna apel, pisang, mangga dan aneka buah yang selalu ada di kulkas. hal ini lebih mudah karena anak-anak selalu melihatnya hampir setiap hari.

Baca Juga: Seberapa Sering Anak Harus Buang Air Besar?