Moms, anak baru boleh menggunakan pasta gigi jika gigi susu sudah tumbuh atau pada anak berusia 2 tahun ke atas. Pastikan anak memakai pasta gigi yang memang dirancang khusus untuk anak-anak.

Tak perlu banyak-banyak, berikan pasta gigi seukuran biji kacang polong untuk si kecil. Sedangkan untuk anak berusia 6-10 tahun, berikan pasta gigi seukuran 1-2 cm. Moms, juga harus menemani anak dan membantu mereka untuk menyikat gigi dengan benar. Mengutip dari laman smarterhealth, Jumat (13/11) berikut tipsnya.

1. Periksa kadar fluoride

Fluoride adalah mineral alami yang terbukti ampuh mengurangi kerusakan gigi. Tetapi Moms tetap harus ingat bahaya fluoride bila tertelan oleh anak dalam jumlah banyak. Terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan gangguan fluorosis. Untuk anak-anak usia dini, Moms dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi bebas fluoride atau hanya mengandung sejumlah kecil fluoride

2. Pertimbangkan rasanya

Pastikan bahwa pasta gigi yang digunakan oleh anak tak terasa pahit. Kalau rasanya pahit atau pedas, anak cenderung takut dan malas sikat gigi. Ada banyak pilihan rasa pasta gigi yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti rasa stroberi, jeruk, atau coklat.

Baca Juga: Pasta Gigi Tertelan oleh Si Kecil, Aman Enggak Ya?