Menu

Waspada Juvenile Diabetes: Begini Cara Menjaga Kadar Gula Darah si Kecil Moms, Catat!

15 November 2022 11:05 WIB
Waspada Juvenile Diabetes: Begini Cara Menjaga Kadar Gula Darah si Kecil Moms, Catat!

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Moms, diabetes adalah kondisi umum yang umum yang dapat mempengaruhi orang-orang dari berbagai kelompok umur. Secara garis besar, ada dua tipe utama diabetes tipe 1 dan tipe 2. 

Diabetes tipe 1, juga dikenal sebagai diabetes Juvenile, terlihat lebih sering pada anak-anak. Dalam kondisi ini, pankreas membuat sedikit atau tidak ada insulin. Insulin adalah hormon yang memungkinkan gula (glukosa) dari aliran darah masuk ke sel untuk menghasilkan energi.

Bagaimana kita bisa tahu jika anak menderita diabetes tipe-1?

Menurut Dr. Bipin Kumar Sethi, Direktur Klinis & HOD Departemen Endokrinologi, Rumah Sakit CARE, Banjara Hills, Hyderabad, diabetes pada anak bisa terjadi kapan saja sejak lahir. 

Anak-anak yang memiliki gejala dengan buang air kecil yang berlebihan, enuresis nokturnal, haus, nafsu makan, penurunan berat badan, mual, muntah dan sakit perut, yang juga dapat menjadi ciri yang muncul. 

“Seseorang memang menemukan diabetes yang bisa jadi DM Tipe 2 atau diabetes neonatal yang lebih jarang, yang terakhir terjadi sejak lahir hingga usia satu tahun, ”kata Dr. Bipin Kumar Sethi, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Waspadai Diabetes Mellitus Bisa Menyerang Anak, Kenali Sederet Gejalanya Moms!

Baca Juga: Gak Hanya Gemuk, Anak yang Kurus Juga Bisa Kena Diabetes Lho! Catat Cirinya Nih, Moms...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.