Di masa kehamilan terutama hamil muda, mual dan muntah sudah bukan lagi hal yang aneh. Kondisi ini biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan dan dikenal dengan istilah morning sickness.

Biasanya morning sickness ini dapat membuat kurangnya nafsu makan hingga berat badan menjadi turun. Akan tetapi, di beberapa kasus ternyata ada ibu hamil yang tak mengalami morning sickness. Kok bisa ya?

Melansir dari berbagai sumber, HerStory sudah merangkum berbagai alasan kenapa ibu hamil tak mengalami morning sickness.

1. Indera penciuman tak sensitif

Saat di masa kehamilan, indera penciuman ibu akan lebih peka terhadap aroma-aroma tertenny. Tak jarang ada ibu hamil yang merasa mual hingga muntah mencium bau tertentu. Nah, jika Moms sama sekali tak bermasalah dengan segala macam bau-bauan, bisa jadi karena indera penciuman Moms tak begitu sensitif. Moms yang tak terlalu peka terhadap indera penciuman biasanya tak memiliki masalah dengan nafsu makan.

2. Masih menyusui

Sebenarnya, ada mitos yang mengatakan bahwa menyusui dapat mengurangi morning sickness. Meskipun belum diketahui faktanya, beberapa ibu hamil setuju bahwa menyusui dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Meskipun begitu, lebih disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui keamanan hamil dalam kondisi menyusui.

3. Dapat mengatur stres

Stres juga menjadi penentu ibu hamil mengalami morning sickness. Untuk itu, Moms harus dapat berpikir secara positif agar tak berpengaruh dengan kondisi perut. Jika Moms tak memiliki permasalah mual dan muntah, itu berarti Moms dapat mengelola pikiran dengan tepat. Hal ini tentu sangat sehat baik dari keadaan ibu maupun si janin.

Baca Juga: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Christina Perri Harus Kehilangan Putri Kecilnya