Menu

5 Kebiasan Sehari-hari Ini Bisa Picu Penyakit Jantung! Apa Saja?

15 November 2022 15:55 WIB
5 Kebiasan Sehari-hari Ini Bisa Picu Penyakit Jantung! Apa Saja?

Ilustrasi seseorang mengalami serangan jantung (Freepik/Jcomp)

HerStory, Bandung —

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang banyak memakan korban jiwa. Risiko penyakit jantung juga bisa dialami oleh siapapun. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ternyata, penyakit jantung bisa dikarenakan adanya kebiasaan sehari-hari yang buruh sehingga memicu timbulnya penyakit jantung. Kebiasaan ini tentunya jarang diketahui dan disadari oleh sebagian orang. Untuk itu, coba Moms simak artikel berikut ini untuk menghindari risiko penyakit jantung!

1. Tak memiliki aktivitas yang rutin

Aktivitas seperti berjalan kaki selama dua puluh menit ternyata bisa sangat membantu pemeliharaan kesehatan jantung lho. Berjalan, berlari atau berolahraga selama dua puluh menit bisa membuat kamu juga terhindar dari penyakit kolesterol, tekanan darah rendah, dan berat badan yang lebih sehat.

2. Merokok

Rokok sebenarnya banyak merugikan dan bertanggung jawab atas sepertiga dari kematian yang terjadi karena kesehatan jantung yang buruk. Karbon monoksida adalah elemen utama rokok dan menyebabkan penurunan jumlah darah yang sehat dan kolesterol yang lebih tinggi. Mengurangi asupan rokok dapat membantu, tetapi berhenti sepenuhnya adalah satu-satunya solusi konstruktif untuk masalah ini.

3. Stres

Stres yang berlebihan dari pekerjaan, keluarga atau penyebab lainnya dapat memberi tekanan pada jantung dan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung beberapa kali.

Untuk mengatasi stres kamu harus berolahraga. Hal ini bisa menenangkan tubuh dan mengatur hormon sehingga membantu jantung. 

4. Sering Mengonsumsi Junk food

Kebiasaan mengonsumi junk food bisa mempengaruhi faktor risiko seperti tekanan darah dan kolesterol. Hal ini pun bisa memicu risiko penyakit jantung.  

5. Minum Alkohol Berlebihan

Alkohol adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan serangan jantung pada manusia. Ini memicu tingkat trigliserida dalam tubuh, bentuk lemak tidak sehat yang menyebabkan kerusakan berlebihan dan peningkatan kolesterol.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Semoga bermanfaat Moms!

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.