Menu

Gak Cuma Kolesterol Tinggi, Kolesterol Rendah Juga Berbahaya, Fungsi Otak Bisa Menurun Moms! Begini Penjelasannya

15 November 2022 16:56 WIB
Gak Cuma Kolesterol Tinggi, Kolesterol Rendah Juga Berbahaya, Fungsi Otak Bisa Menurun Moms! Begini Penjelasannya

Ilustrasi wanita sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Mungkin selama ini kamu sering mendengar keluhan tentang kolesterol tinggi, tapi jarang mendengar kadar kolesterol rendah. Nyatanya, kolesterol rendah juga bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh, Moms.

Kolesterol sendiri merupakan lemak yang dibutuhkan tubuh membentuk jaringan, dan sel, memproduksi hormon, dan membantu sistem pencernaan bekerja dengan maksimal. Terdapat dua jenis kolesterol yaitu low density lipoprotein (LD) dan high density lipoprotein (HDL).

LDL sendiri sering disebut sebagai kolesterl jahat, sedangkan HDL sering disebut kolesterol baik. Menurut American Heart Association, kadar LDL tinggi bisa meningkatkan risiko jantung dan stroke.

Lalu bagaimana dengan kolesterol rendah?

Beberapa penelitian menyebut hal tersebut berkaitan dengan kanker, stroke, depresi, gangguan kecemasan, dapat melahirkan bayi prematur. Menurut beberapa penelitan, hal-hal berikut ini bisa menjadi ciri kalau kamu sedang mengalami kolesterol rendah, seperti dilansir dari Hello Sehat, yaitu:

1. Menurunnya fungsi kognitif otak

Kadar kolesterol rendah bisa membuat fungsi otak mengalami penurunan, Moms. Jika hal itu terjadi, seseorang akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Menurut studi Journal of Alzheimer’s disease, kolesterol terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko demensia. Demensia merupakan penyakit yang dapat menurunkan otak dan semakin meningkat seiring menuanya usia.

Baca Juga: Moms, Sering Mengelus Bayi Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho! Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Dear Parents, Ini 6 Makanan yang Bagus untuk Perkembangan Otak Anak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.