Menu

Marak Penyakit Pneumonia, Ini Gaya Hidup Buruk yang Jadi Penyebabnya, Sering Kamu Lakukan Gak Beauty? Cek Deh!

15 November 2022 21:50 WIB
Marak Penyakit Pneumonia, Ini Gaya Hidup Buruk yang Jadi Penyebabnya, Sering Kamu Lakukan Gak Beauty? Cek Deh!

Seorang wanita sedang batuk dan mengalami sesak di dada. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini, penyakit pneumonia banyak diperbincangkan publik. Ini merupakan peradangan pada kantong-kantong udara atau alveoli pada paru-paru. Penyakit ini bisa menimbulkan gejala seperti batuk berdahak, demam, dan sesak napas.

Nah, penyebab pneumonia juga terjadi karena gaya hidup tak sehat seseorang seperti merokok, Moms. Selain itu, mengonsumsi alkohol, dan bekerja di tempat-tempat yang mudah terpapar asap, gas, dan bahan kimia berbahaya juga menyebabkan orang berisiko terkena penyakit pneumonia.

Hal itu diungkapkan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi di RSUI Dr. dr. Raden Rara Diah Handayani, Sp.P(K), melalui siaran pers RSUI, Minggu (13/11/2022).

"Setiap orang memiliki risiko terkena pneumonia, dan risiko tersebut meningkat pada bayi di bawah dua tahun dan lansia di atas 65 tahun," jelas Dokter Raden.

Oleh sebab itu, orang-orang disarankan menggunakan masker ketikan berada di luar, tidak menambahkan polutan yaitu merokok, serta menjaga kestabilan daya tahan tubuh demi mencegah terkena pneumonia.

Baca Juga: Moms Harus Waspada! Kenali dan Cegah Pneumonia pada Si Kecil dari Sekarang Yuk!

Baca Juga: Pneumonia pada Anak Bisa Berakibat Fatal, Save the Children Buat Kampanye Daring 'Ayo Imunisasi STOP Pneumonia'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.