Menjalankan pola hidup sehat bisa menghindari tubuh dari derita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan makanan seimbang dengan menghindari beberapa makanan yang tinggi akan garam.

Dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP(K), spesialis jantung pembuluh darah RS Jantung Harapan Kita mengatakan bahwa dalam sehari maksimal hanya boleh mengonsumsi garam satu sendok makan.

"Makanan yang mengandung garam tinggi sebaiknya enggak dikonsumsi," ujar Dr. Ario dalam Virtual Media Briefing, Kamis (12/11/2020).

Dr. Ario pun menyarankan penderita hipertensi untuk melancarkan metabolisme dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Hal itu diketahui dapat menurunkan risiko menderita hipertensi.

"Sebaliknya, makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi yang banyak seratnya, kandungan garamnya enggak terlalu tinggi. Itu yang terbaik," jelas Dr. Ario.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Kalau Konsumsi Makanan Gosong Bisa Sebabkan Kanker? Simak Jawabannya!

"Jika mengonsumi itu saja artinya sudah memperbaiki proses metabolisme dan mengurangi risiko terjadi hipertensi. Semua tergantung cara pengolahannya," sambungnya.