Menu

Waspada Beauty! Kita Bisa Mengidap Kanker Usus Besar Tanpa Mengetahuinya, Cek Sederet Tanda-Tandanya

16 November 2022 05:35 WIB
Waspada Beauty! Kita Bisa Mengidap Kanker Usus Besar Tanpa Mengetahuinya, Cek Sederet Tanda-Tandanya

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker usus besar atau kolorektal terbilang cukup umum, ditemukan pada satu dari sekitar 25 orang selama hidup mereka. Ini adalah penyebab paling umum kedua kematian akibat kanker saat ini di Amerika Serikat. 

Saat ini kita tahu bahwa kanker usus besar didiagnosis pada populasi yang lebih muda, dan 10% kasus baru terjadi pada pasien di bawah usia 50 tahun.

Baru-baru ini, pedoman skrining telah berubah, menyarankan bahwa skrining kanker kolorektal harus dimulai pada usia 45 tahun pada pasien tanpa riwayat keluarga. Baca terus untuk mengetahui gejalanya.

Bisakah kita menderita kanker usus besar dan tak mengetahuinya?

Bukan hal yang aneh untuk menderita kanker usus besar dan tak mengetahuinya, karena kanker stadium awal seringkali tidak memiliki gejala apa pun. 

Hal ini sering terjadi karena kankernya sangat kecil sehingga tidak menimbulkan gejala yang terlihat seperti nyeri, pendarahan, atau penyumbatan usus. Juga, terkadang pada pasien yang lebih muda, kanker tidak sering dieksplorasi sebagai kemungkinan penyebab gejala di awal pemeriksaan.

Pilihan gaya hidup apa yang dapat menurunkan risiko terkena kolorektal

Beauty, kita tahu bahwa pola makan yang meliputi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar atau kolorektal

Kita juga tahu bahwa diet tinggi daging merah (sapi, babi, domba) dan/atau daging olahan (hotdog, daging makan siang) dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal. Selain itu, merokok juga dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena kanker kolorektal.

Baca Juga: Waspada Kanker Usus Besar! Dokter Ingatkan Pentingnya Skrining Sedini Mungkin

Baca Juga: Punya Saudara yang Kena Kanker Usus Besar? Hati-hati, Kamu Juga Berisiko Tinggi Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.