Menu

Sepele tapi Bikin Ribet, Ini Lho Moms Penyebab Kulkas Gak Dingin saat Dinyalakan! Nomor 5 Sering Terlewat!

16 November 2022 16:25 WIB
Sepele tapi Bikin Ribet, Ini Lho Moms Penyebab Kulkas Gak Dingin saat Dinyalakan! Nomor 5 Sering Terlewat!

Buah dan sayuran dalam kulkas (cheatsheet.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika berurusan dengan barang dan perabot rumah tangga, ada baiknya selalu dirawat dan dijaga kebersihannya agar kerjanya tetap optimal dan higienis.

Namun tak sedikit orang-orang yang terkadang menemukan sejumlah masalah dengan kulkas mereka di rumah lho. Apakah Moms salah satunya?

Salah satu masalah yang sering terjadi yakni kulkas menjadi tak dingin meskipun sudah dinyalakan. Hal ini tentu saja membuat makanan di dalam kulkas menjadi tak segar atau bahkan cenderung cepat busuk.

Sebelum memutuskan untuk ganti yang baru, ada baiknya kamu mempelajari kembali beberapa penyebab kulkas tak dingin.

Berikut kami rangkum dari laman Hitekno, penyebab kulkas tak dingin yang jarang diketahui.

Penyebab kulkas tak dingin

1. Terlalu sering memasukkan makanan panas

Kebiasaan buruk sering menjadi salah satu penyebab mengapa kulkas tak dingin. Salah satunya adalah ketika kamu sering memasukkan makanan dan minuman dalam kondisi panas.

Adapun suhu panas dari makanan dan minuman yang dimasukkan, akan berpengaruh pada udara dingin pada ruang pendingin di kulkas.

Akibatnya mesin kulkas akan bekerja lebih ekstra untuk menyesuaikan lalu mendinginkan. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka bisa dipastikan suhu kulkas cepat.

2. Meletakkan kulkas di posisi yang salah

Ada juga penyebab mengapa kulkas tak dingin karena memilih peletakan kulkas yang salah. Salah satunya adalah dengan menempatkan kulkas bersebelahan dengan benda-benda panas, seperti televisi hingga pemanas rumah.

Bila perlu untuk membuat kulkas aman maka letakkan kulkas di dekat dinding yang terbuat dari tembok bata bukan kaca. Kulkas yang diletakkan dekat dengan tembok kaca akan berbahaya, karena panas matahari ekstrem ikut membuat kulkas cepat panas.

3. Karet kulkas longgar

Salah satu masalah utama yang menyebabkan kulkas menjadi tak dingin pada bagian pintu. Di mana pintu kulkas dilapisi dengan karet elastis yang fungsinya untuk membuat ruangan pendingin dan freezer agar kulkas kedap udara dari luar.

Namun ada kalanya lapisan karet mengalami kering atau longgar sehingga udara ruangan masuk dan membuat suhu kulkas menjadi lebih panas dari biasanya.

Ketika pintu kulkas bagian karetnya longgar cukup berbahaya, karena bisa mempengaruhi kualitas makanan dan ketahanan mesin pendingin.

Baca Juga: Tips Menyimpan Buah dan Sayuran dalam Kulkas Agar Tetap Segar dan Tak Cepat Busuk

Baca Juga: Bolehkah Menyimpan Make Up di Dalam Lemari Es? Sang Ahli Menjawab

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.