Tas berbahan kulit selalu jadi item fashion favorit wanita. Tas kulit selalu bisa membuatmu tampil trendi, terlepas dari berbagai model busana yang kamu kenakan.

Namun, kamu harus pintar-pintar merawat tas kulit agar tetap awet. Jika kamu tak paham cara merawatnya, tas kulit akan berubah warna dan mengelupas. Mengutip dari cosmopolitan, Jumat (13/11/2020) berikut tips dan trik merawat tas kulit.

1. Jangan jemur tas dibawah sinar matahari

Untuk mengeringkan tas kulit, kamu cukup mendiamkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tak lembap. Lalu, simpan di dalam kotak atau dust bag kemudian tambahkan gel silika untuk mencegah timbulnya jamur. Karena jika terkena sinar matahari secara langsung akan membuat tas kulit kehilangan warna aslinya.

2. Jangan gunakan tisu basah

Jangan bersihkan tas dengan tisu basah, cuka, ataupun cairan kimia lain yang sering digunakan untuk membersihkan barang di rumah. Kandungan dalam cairan bisa saja menyebabkan rusaknya kulit tas. Kamu cukup bersihkan tas berbahan kulit tersebut seminggu sekali dengan mencampurkan sabun cair secukupnya dengan air hangat. Gunakan kain halus berwarna putih supaya warna kain tak luntur dan mengotori tas kulit favorit.

3. Jangan cuci dengan deterjen

Tas berbahan kulit tak cocok jika dibersihkan dengan deterjen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas.

Baca Juga: Sering Canggung Saat Bertemu Orang Baru? Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasinya!