Menu

Moms Perhatikan! Jangan Biasakan Anak Duduk dengan Posisi W, Bisa Timbulkan Dampak Buruk!

16 November 2020 19:00 WIB

Anak bermain dengan Duduk Posisi W. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, mungkin kamu pernah beberapa kali mendapati anak sedang asik bermain sambil duduk dengan posisi W. Bagi beberapa anak, posisi duduk seperti ini merupakan posisi yang nyaman untuk dilakukan, namun ternyata ada bahaya yang mengancam, lho!

Menurut artikel yang dilansir (15/11) dari GridHealth mengatakan bahwa ada beberapa alasan utama yang menyatakan posisi duduk W ini bisa berdampak buruk untuk perkembangan anak-anak. Seperti, bisa membatasi kekutan inti tubuh anak, kemudian posisi ini juga bisa menyebabkan otot tegang terutama pada bagian kaki, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Kemudian, hal ini juga bisa memperburuk masalah neurologis atau saraf pada anak.

Berikut ini beberapa alasan lain mengapa anak enggak boleh duduk dengan posisi W menurut artikel yag dilansir (15/11) dari Pediatricservices.com!

Kekhawatiran Masalah Tulang

Yang pertama adalah, posisi duduk W bisa menyebabkan si kecil mengalami dislokasi pinggul. Dislokasi sendiri merupakan perenganagn persendian pada patah tulang. Oleh karena itu, jika kamu enggak ingin buah hati mengalami kelainan perkembangan tubuh pada bagian pinggul lebih baik segera hindari hal ini ya, Moms!

Memperburuk Otot yang Tegang

Selanjutnya, posisi duduk W ini membuat paha belakang, otot aduktor pinggul, otot rotator internal, dan tali tumit dalam rentang yang sangat pendek. Hal ini harus dihindari jika si kecil rentan terhadap sesak nafas atau megalami kondisi di mana otot memendek dan mengeras.

Keterlambatan Perkembangan

Jika si kecil mengalami peningkatan tegangan otot yaitu otot tegang, kaku, atau gerakannya terganggu, posisi W bisa saja memperburuknya. Dengan adanya risiko ini para terapis setuju bahwa duduk dengan posisi W perlahan dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan keterampilan motorik kasar. Seperti koordinasi dan keseimbangan pada anak-anak.

Mulai sekarang harus perhatikan posisi duduk anak ya, Moms!