Menu

Mengenal Transient Tachypnea of Newborn (TTN), Gangguan Pernapasan yang Dialami Anak Ke-4 Oki Setiana Dewi

18 November 2020 07:15 WIB

Bayi. (Unsplash/Garret Jackson)

HerStory, Jakarta —

16 November 2020 lalu, aktris kondang Oki Setiana Dewi, baru saja melahirkan anak keempatnya. Namun, Oki harus menghadapi kenyataan pahit, usai Sulaiman didiagnosa mengalami Transient Tachypnea of Newborn (TTN). Hal ini membuat Sulaiman harus mendapatkan perawatan lebih lanjut di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Beauty yang sudah menjadi ibu, kamu tahu apa itu TTN? TTN merupakan gangguan pernapasan dan biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir. Kondisi ini menyebabkan frekuensi bernapas si kecil begitu cepat. 

Seperti yang dikutip dari laman Kids Health, Rabu (18/11/2020), bayi yang mengalami TTN memiliki banyak cairan ketuban yang bersarang di dalam paru-parunya.

Kesulitan mengelurkan cairan tersebut menyebabkan bayi mengalami TTN. Mereka akan bernapas lebih cepat dan lebih keras untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke dalam paru-paru.

Bayi yang mengalami TTN, memiliki gejala-gejalan tertentu. Seperti kulit kebiruan di sekitar mulut dan hidung atau sianosis, muncul suara merintih ketika bernapas, kulit tertarik di antara atau di bawah tulang rusuk ketika bernapas atau dikenal sebagai retraksi, hingga sulit bernapas lebih dari 60 kali per menit.

Faktor lain yang bisa menjadi pemicu bayi mengalami takipnea transien ini ialah bayi yang ibunya menderita asma atau diabetes, bayi yang terlahir prematur, hingga bayi yang lahir dengan persalinan pervaginam cepat atau operasi caesar tanpa persalinan.

Bayi yang mengalami TTN memang harus mendapat penanganan lebih lanjut di ruang NICU. Dokter akan memeriksa detak jantung bayi, laju pernapasan dan kadar oksigen untuk memastikan frekuensi pernapasan melambat dan kadar oksigennya normal.

Kondisi TTN ini cukup umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Gangguan pernapasan ini akan berangsur pulih dalam waktu 1-3  hari dan bayi akan bernapas normal kembali.

Nah Beauty itu tadi seputar Transient Tachypnea of Newborn yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat ya!