Menu

Cara Ampuh Atasi Pandemic Fatigue, Rasa Letih Hadapi Pandemi Covid-19, Ibu Bekerja Ada yang Mengalaminya?

18 November 2020 10:20 WIB

Ilustrasi Serial Procrastinator (Magazine Job-Like/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ibu bekerja, enggak kerasa ya, sembilan bulan sudah pademi Covid-19 merebak hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, peningkatan pasien Covid-19 meningkat setiap harinya. Per 17 November 2020, kasus postif virus Corona di Indonesia bertambah 3.807 pasien, sehingga tercatat sudah ada 474.455 pasien yang terjangkit Covid-19.

Meski keadaanmu saat ini baik-baik saja dan enggak terpapar Covid-19 secara fisik, tetapi kondisi ini kerap mengancam kesehatan mental. Ibu bekerja, mungkin kamu kerap merasa lelah menghadapi ketidakpastian kapan pandemi ini akan segera berakhir. 

Merasa lelah meski tak banyak melakukan aktivitas di luar hingga perubahan mood yang tak menentu, membuatmu mengalami pandemic fatigue. By the way, ibu bekerja sudah pernah mendengar apa itu pandemic fatigue?

Mengutip dari laman Instagram @pandemictalks, Rabu (18/11/2020), pandemic fatigue merupakan kelelahan akan kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang saat ini lalai dalam mematuhi aturan protokol kesehatan. Kondisi ini bisa membuat siapa pun mengalami stres kronis yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. 

Hal senada juga diungkap oleh para peneliti di UCLA Health, perasaan lelah yang sangat nyata berasal dari efek virus Corona ini kerap memicu rasa takut. Takut akan kehilangan pekerjaan, misalnya.

Menurut UCLA Health, tanda khusus yang menggambarkan seseorang mengalami pandemic fatigue ialah kelelahan batin. Selain merasa enggak berdaya sedih atau khawatir, penderita juga akan mengalami sulit untuk fokus, kurang motivasi, hingga manarik diri dari orang lain.

Ibu bekerja, jangan terlalu 'nyaman' dengan kondisi pandemic fatigue ini. Kamu harus bisa mengatasinya demi kesehatan fisik dan mentalmu terjaga.

Merangkum dari laman propertycasulaty360, berikut lima cara yang bisa membantumu mengatasi kondisi pandemic fatigue. 

Jaga kesehatan tubuh

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk mendapat istirahat yang cukup dan menjaga pola makan yang bergizi.

Meski sulit untuk membangkitkan motivasi, berolahraga secara rutin setiap harinya perlu kamu lakukan. Melakukan hal-hal ini akan meningkatkan energimu, memperbaiki suanasan hati, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Batasi asupan berita

Banyak kabar burung atau berita hoaks yang kerap bermunculan di tengah pandemi saat ini. Sangat penting untuk tetap mendapatkan informasi, tapi kamu juga harus mengetahui kapan harus 'mengabaikannya'. Batasi asupan beritamu  dan pastikan mendapatkan informasi dari sumber yang kredibel ya, ibu bekerja.

Kurangi rasa stres

Ibu bekerja, kamu harus bisa menemukan jalan keluar untuk merasa bahagia dan mengurangi rasa stres. Beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan ialah dengan cara melakukan Yoga, membaca buku kesukaan, atau menonton komedi. Intinya, lakukan kegiatan yang kamu sukai untuk mengatasi rasa stres tersebut ya.

Cobalah untuk self-talk positif

Baik itu stres karena pekerjaan, virus corona, isolasi sosial atau lainnya, kamu harus melawan kecemasan dan ketakutan dengan self-talk positif. 

Terkadang, rasa takut dan cemas itu bisa membuatmu memikirkan hal-hal yang buruk. Cobalah ubah pikiran negatif itu dan menggantinya dengan pernyataan yang lebih realistis.

Ciptakan tradisi baru

Alih-alih menemukan kesenangan yang hilang, cobalah untuk ciptakan tradisi baru di masa pandemi saat ini. Gunakan waktu luangmu untuk mempelajari keterampilan atau membuat rutinitas baru dan temukan kebahagiaan baru di dalamnya.

Semoga bermanfaat ya!