Menu

Makin Keren, TikTok Jadi Platform untuk Memasarkan Industri Fashion!

20 November 2020 18:15 WIB

Poster kolaborasi TikTok dengan Jakarta Fashion Week (JFW) 2021. (Press Release/Edited by HerStory)

HerStory, Tangerang —

Seperti yang diketahui TikTok merupakan aplikasi di mana setiap penggunanya dapat mengunggah video singkat yang menginspirasi dan kreatif. Kali ini, TikTok juga ikut mendukung industri fashion secara kreatif.

Terutama pada saat pandemi Covid-19 ini yang membuat segala industri mengalami penurunan termasuk industri fashion. Berdasarkan laporan dari Bain & Company bisnis fashion mengalami kerugian hingga 60% dikarenakan pandemi. Sama halnya dengan bisnis fashion di Indonesia yang juga mengalami kerugian karena beberapa toko harus ditutup dan memangkas biaya marketing.

Kali ini, dalam usaha mengembalikan kembali industri fashion di Indonesia, Jakarta Fashion Week bekerja sama dengan TikTok untuk menghadirkan virtual fashion show festival pertama di Indonesia.

“Di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion,” ucap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week dalam acara media briefing bertajuk “Mendorong Revolusi Fesyen di Platform Digital” melalui zoom, Jumat (20/11/2020).

Untuk menghadirkan kreativitas baru, TikTok menjadi pilihan platform agar dunia fashion dapat lebih inovatif untuk ekspresi kreatif. Salah satu brand fashion lokal yang juga menghadiri Jakarta Fashion Week mengatakan bahwa platform digital berperan penting sebagai pemasaran brand terutama dengan hadirnya TikTok.

“Platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun, dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, itu memberikan cara baru bagi Cottonink untuk menyampaikan koleksi terbaru kami,” ujar Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink.

TikTok juga sangat populer di Indonesia sehingga bisa menjadi platform untuk memasarkan berbagai produk termasuk industri fashion. Bahkan brand fashion kelas dunia pun ikut memanfaatkan aplikasi TikTok untuk memasarkan koleksi terbarunya.

“Kami melihat bagaimana industri fashion berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fashion papan atas dari rumah masing-masing,” ujar Head od User and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Putra.

Dengan kehadiran TikTok ini juga dimanfaatkan oleh Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 yang diadakan secara virtual dikarenakan masa pandemi belum berakhir. Acara ini diadakan melalui streaming di akun resmi @jfwoffcial di TikTok pada tanggal 26-29 November.