Menu

Gak Cuma Stres, Ini 3 Penyakit yang Bisa Beauty Alami Ketika Patah Hati, Nomor Bisa Bikin Otak Rusak, Waduh!

05 Desember 2022 17:55 WIB

Ilustrasi seseorang sedang menyendiri. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu sedang mengalami patah hati, Beauty? Ketika sedang patah hati, sangat wajar jika mengalami stres dan merasa sedih selama waktu tertentu. Bahkan beberapa kasus sampai ada yang mengalami depresi berat.

Dalam jangka pendek, kondisi putus cinta yang terlalu mendalam dapat mempengaruhi kesehatan seseorang hingga penyakit mematikan. Berikut ini tiga penyakit yang disebabkan karena patah hati, seperti dilansir dari Boldsky, antara lain:

1. Iritasi usus

Saat putus cinta tubuh cenderung melepaskan hormon stres yang disebut kortisol yang memainkan peran mengalihkan darah dari sistem pencernaan. Ini dapat memicu kondisi seperti sindrom iritasi usus (IBS) yang akan membuat makan berlebihan atau tak nafsu makan. 

2. Insomnia

Insomnia atau hypersomnia adalah fenomena umum yang dialami orang-orang akibat putus cinta. Jika dibiarkan akan dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti turunnya metabolisme dan depresi.

3. Merusak otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Columbia menemukan bahwa putus dari hubungan yang signifikan mempengaruhi otak dengan cara yang mirip dengan bagaimana otak para pecandu kokain. 

Sebuah neurotransmiter yang disebut dopamin dilepaskan oleh beberapa bagian otak, hormon ini memainkan berbagai peran penting dalam otak dan tubuh. Itu akhirnya membuat terobsesi dengan orang yang paling kita sukai.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari